nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Andalkan Musim Panen, Begini Cara Stabilkan Harga Pangan

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 14:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 14 320 2017871 tak-andalkan-musim-panen-begini-cara-stabilkan-harga-pangan-NrYD25bVVq.jpg Diskusi Harga Pangan (Foto: Giri/Okezone)

JAKARTA - Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla selama empat tahun terakhir terbukti berhasil menjaga stabilitas harga pangan. Hal tersebut terlihat dari angka inflasi yang terkendali di angka 3%.

Meskipun begitu, Deputi Kementerian Koordinator bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) bidang Pangan dan Pertanian Musdhalifah Machmud mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki agar harga pangan tetap terjaga. Salah satunya, dengan mencari teknologi baru agar panen Indonesia tidak bergantung pada musim lagi.

Selama ini, panen di Indonesia masih bergantung pada musim yang sedang terjadi. Jika dalam musim panen, maka pasokan melimpah begitupun sebaliknya jika musim paceklik maka pasokan menipis sehingga harga melonjak.

Baca Juga: Ombudsman Beri Peringatan Dini untuk 4 Komoditas Impor

Maka yang perlu diperbaiki adalah bagaimana infrastruktur pendukung. Karena menurutnya, selama ini yang menjadi penghambat adalah pengiriman barang lewat logisitik.

"Bagaimana agar ini stabil? Sebenarnya sudah terwujud ketahanan pangan, yang masalah itu aspek pendukungnya seperti logistik. Logistik jadi penghalang utama," ujarnya dalam acara Roundtable Stabilitas Harga Pangan di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Di sisi lain, yang perlu diperbaiki lagi bagaimana kapasitas penyimpanan alias gudang. Menurutnya, kapasitas penyimpanan yang ada saat ini terlalu kecil untuk menyerap hasil panen raya ketika stok sedang melimpah.

"Kita selalu minta Bulog, saat panen harga cabai turun sekali. Kita komunikasi dengan industri juga susah, mereka sudah ada partnership dengan petani. Penyimpanan mereka juga terbatas," katanya.

Dirinya juga meminta kepada Perum Bulog untuk meningkatkan kapasitas gudang penyimpanannya. Dirinya juga mengajak para investor baik dalam maupun luar negeri untuk menanamkan modalnya untuk pembangunan gudang dan teknologi penyimpanan.

Baca Juga: Daftar Harga Pangan yang Diprediksi Naik saat Natal

"Harusnya teman Kadin bantu kami dengan teknologi dan investasi agar bisa menyimpan saat panen raya dan paceklik kita juga miliki kecukupan. Ini yang sedang disiapkan logistik gudang dan transportasinya,"katanya.

Dari sisi pemerintah sendiri terus melakukan usaha lewat peningkatan teknologi pergudangan, sehingga harga dan stok bisa terus terjaga dan tidak terpengaruh oleh musim lagi.

"Penyempurnaan kebijakan terus dilakukan pada saat panen kami harap petani tidak jadi korban tapi pada saat peceklik harga bisa terkendali. Ini kami harap Kadin bantu betul, pemerintah bisa atasi harga," ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini