nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPK Bertukar Pengalaman Audit Antarnegara ASEAN

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 26 Februari 2019 14:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 26 20 2022996 bpk-bertukar-pengalaman-audit-antarnegara-asean-KJni5fmdpW.jpeg BPK (Foto: Yohana/Okezone)

JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyelenggarakan seminar untuk melakukan pertukaran pengalaman audit antar negara di ASEAN. Seminar dilakukan bersama ASEAN- ASEAN Supreme Audit Institution (ASEANSAI) - ASEAN Inter-Parliementary Assemby (AIPA).

Ketua BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara menyatakan, melalui kesempatan ini tiga entitas lembaga tersebut akan memiliki pemahaman yang sama terkait transparansi, akuntabilitas, serta tata kelola pemerintahan yang baik.

"Tujuannya untuk memiliki pemahaman yang sama mengenai transparansi, akuntabilitas, dan good government. Sehingga mendorong berjalannya good government di setiap negara," ujarnya dalam acara di Hotel Seraton, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Baca Juga: Digugat Terkait Audit BLBI, BPK Siap Jalani Proses Hukum

Dalam kesempatan tersebut, dia menjelaskan, kondisi kerjasama negara ASEAN akan membuka peluang untuk peningkatan perdagangan dan investasi, termasuk melalui platform, serta menciptakan interaksi sosial dan internasional yang lebih luas. Namun demikian, dibutuhkan kepastian untuk kerjasama itu semua memenuhi harapan pemangku kepentingan, terutama di era pertukaran informasi yang cepat.

Oleh sebab itu, pertemuan yang dihadiri badan pemeriksa keuangan dan parlemen negara-negara di ASEAN ini, memiliki peran penting untuk mempromosikan ASEAN yang lebih responsif, di mana perkembangan teknologi yang tinggi dapat dimanfaatkan untuk mendorong transparansi.

Dia menyatakan, baik di sektor publik dan sektor swasta, peningkatan transparansi dan sinergi antara kebijakan pemerintah dan tindakan bisnis akan membantu mendorong perluasan dan peluang industri di kawasan ASEAN.

bpk

"Lembaga Audit Tertinggi yang independen, efektif dan kredibel adalah komponen penting dalam sistem yang demokratis. BPK memahami bahwa akuntabilitas, transparansi dan integritas adalah bagian tak terpisahkan dari demokrasi yang stabil," jelasnya.

Dia menjelaskan, saat ini BPK yang merupakan bagian dari ASEANSI melakukan kerjasama dalam pertukaran metodologi pemeriksaan keuangan untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas. Hal ini dilakukan melalui berbagai pelatihan yang dihadiri negara-negara ASEAN.

"Kita berbagi pengalaman dan memberikan pelatihan. Jadi kita bagi-bagi kegiatan, untuk riset ada di Malaysia, terus workshop di Filipina, Sekretariat di Jakarta, lalu kepengurusan ketua saling bergantian antara negara," jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini