Share

Wapres JK: Jangan Hanya Fokus ke Digital, Sektor Riil Juga Perlu Didorong

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 28 Februari 2019 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 28 320 2023934 wapres-jk-jangan-hanya-fokus-ke-digital-sektor-riil-juga-perlu-didorong-kxIuL4Cezz.jpg Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan, meski saat ini Teknologi Informasi (TI) berkembang sangat pesat, namun bukan berarti melupakan pertumbuhan di sektor riil. Seperti diketahui, di era digitalisasi bermunculan banyak startup hingga Indonesia kini memiliki 4 startup kelas unicorn, yakni Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka.

Menurut JK, pertumbuhan ekonomi utamanya tetap didorong oleh sektor riil. Oleh sebab itu, sektor rill harus tetap menjadi perhatian seiring dengan berkembangnya ekonomi digital.

Baca Juga: Cerita JK soal Bisnisnya Gagal karena Tak Percaya Teknologi

"Kita semua tetap optimis menjalankan ekonomi investasi dan sebagainya. Jangan terpaku ekonomi hanya pada TI, padahal ekonomi riil itu masih menjadi bagian penting," ujarnya dalam acara Economic Outlook: Prospek Ekonomi di Tahun Politik, Hotel Westin, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Lebih lanjut, dia menilai, jika hanya fokus menggenjot perekonomian di bidang teknologi digital saja, maka barang-barang produksi yang hadir dalam negeri justru bakal dibanjiri produksi dari luar. "Maka ekonomi riil, seperti pertanian, industri, dan jasa itu harus kita yang dorong," katanya.

jk

JK menyatakan, seberapa pun canggihnya teknologi yang ditawarkan pada masa kini, namun sektor riil masih menjadi hal pokok dan tidak tergantikan. Pasalnya, ekonomi digital juga bergerak karena didorong sektor riil.

Perlu adanya investasi fisik, kalau tidak ekonomi riil akan mati. Kalau itu terjadi, maka tidak ada yang beli makanan? Lalu Go-Jek bagaimana mau jalan. Kalau ada pedagang mesti ada konsumennya, robot bukan konsumer dia hanya butuh reparasi, tidak butuh baju, tidak butuh konsumsi, kerja siang malam juga bisa," katanya.

"Jadi apapun itu, sektor riil jadi dasar semua ekonomi," tegasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini