nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hary Tanoe: Indonesia Harus Bisa Menangkap Peluang di Era Industri 4.0

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 11:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 12 320 2028816 hary-tanoe-indonesia-harus-bisa-menangkap-peluang-di-era-industri-4-0-U8bu2Fseo8.jpeg Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyatakan, Indonesia harus mampu memanfaatkan peluang di era revolusi industri 4.0. Pasalnya, jika tak mampu menangkap peluang, Indonesia hanya akan menjadi pasar bagi perkembangan ekonomi era digitalisasi ini.

Dia menjelaskan, ciri khas dari industri 4.0 adalah mendisrupsi atau mengubah suatu bentuk perekonomian. Seperti hadirnya e-commerce yang kini berdampak pada sejumlah toko ritel harus tutup, karena peralihan gaya hidup masyarakat yang berbelanja secara online.

Baca Juga: Hary Tanoe Ungkap "PR" Mendasar Indonesia

"Karena sekarang belanja tinggal klik-klik saja, tidak perlu belanja ke mall. Hal ini lah mengapa toko ritel menurun. Maka kita harus hati-hati (menghadapi industri 4.0)," katanya saat membuka acara Round Table Discussion dalam menyambut Ulang Tahun Okezone.com yang ke-12 yang bertajuk “Kolaborasi untuk Negeri” di iNews Tower, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Oleh sebab itu, dalam mengambil peluang di tengah perubahan yang sangat besar yakni dengan tetap memperhatikan bisnis yang kecil atau Usaha, Mikro, Menengah dan Kecil (UMKM). Selain itu, juga perlu memperhatikan tenaga kerja Indonesia yang terancam dengan digitalisasi.

hary

Menurutnya, industri 4.0 malah harus menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Hal ini mengingat jumlah angkatan kerja di Indonesia sangatlah besar.

"Hal yang tidak kalah penting, bagaimana kita bisa memberikan lapangan kerja terhadap masyarakat," tekannya.

Dia menyatakan, platform sharing kendaraan seperti Go-Jek dan Grab merupakan keberhasilan di era digitalisasi yang menciptakan lapangan kerja. Oleh sebab itu, menurutnya, melalui e-commerce sudah seharusnya produk-produk UMKM semakin dipasarkan secara luas, bukan malah memberi banyak peluang bagi produk impor.

"Jadi industri 4.0 itu bagus untuk kita ikut ambil bagian, tapi bangsa kita juga harus menjadi bagian pemainnya, mendapatkan manfaatnya. Jangan hanya jadi konsumen tapi malah tidak mendapatkan manfaat, " katanya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini