nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Belum Terapkan Sanksi Tak Lapor SPT Pajak Tahunan

Rabu 13 Maret 2019 17:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 13 20 2029517 sri-mulyani-belum-terapkan-sanksi-tak-lapor-spt-pajak-tahunan-aWXQ24z7jY.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menerangkan, belum akan memberikan sanksi bagi masyarakat yang tidak melaporkan pajak penghasilannya melalui Surat Pemberitahuan (SPT).

Direktorat Jendral Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sendiri menetapkan pelaporan wajib pajak pribadi akan berakhir pada 31 Maret.

Dalam hal ini, Pemerintah optimis kepatuhan pelapor wajib pajak pribadi akan naik dibandingkan tahun lalu. Kendati demikian, Menkeu menerangkan belum memikirkan bakal menerapkan sanksi bagi yang tidak melapor atau melewati masa tenggat.

 Baca Juga: Sudah 3,2 Juta Wajib Pajak Lapor SPT

Sejauh ini upaya yang dilakukan Kemenkeu yakni gencar memberikan sosialisasi, dalam upaya mendorong kepatuhan untuk membayar pajak penghasilan. "Belum sampai saat ini, kita lakukan kampanye saja sampai tanggal 31 (Maret)," ujar Menkeu Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Sambung dia mengaku, pihaknya optimistis pada tahun ini jika pelaporan kepatuhan wajib pajak pribadi akan mencapai 85%. Pasalnya, Kemenkeu melalui Ditjen Pajak telah melakukan beragam inovasi untuk mempermudah pelaporan pembayaran pajak.

 Baca Juga: Taat Bayar Pajak, 6 Crazy Rich Indonesia Raih Penghargaan dari Sri Mulyani

"Di luar itu kami juga melakukan berbagai inovasi seperti mempermudah para pembayar pajak individual untuk jalankan kepatuhan pakai e- filing dan e-billing," jelas mantan Direktur Bank Dunia itu. (Sindonews)

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini