nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ulang Tahun Ke-12 Okezone, Jasa Marga Paparkan Aplikasi Teknologi Industri Jalan Tol

Rani Hardjanti, Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 21:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 13 320 2029649 ulang-tahun-ke-12-okezone-jasa-marga-paparkan-aplikasi-teknologi-industri-jalan-tol-xqToqs4LR7.jpg Information and Technology Group Head PT Jasa Marga TBK, Agus Sofian (foto: Okezone)

JAKAARTA- Dalam rangka ulang tahunnya yang ke-12, portal berita Okezone.com menggelar Round Table Discussion dengan tajuk "Kolaborasi untuk Negeri: Revolusi Industri 4.0 menuju society 5.0 & IOT" pada Selasa 12 Maret 2019 di Jakarta.

Dalam kesempatan ini, Information and Technology Group Head PT Jasa Marga Tbk, Agus Sofian berkesempatan hadir sebagai narasumber yang memberikan pemaparan terkait pencapaian perusahaan jalan tol terbesar di Indonesia ini dalam bidang teknologi.

 

Menurutnya, pencapaian teknologi digital Jasa Marga di industri 4.0 adalah sistem pembayaran cashless 100 persen yang saat ini tengah terus dikembangkan dari sistem tapping menuju sistem free flow.

"Saat ini, kita tengah melakukan percobaan untuk teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang memungkinkan pembayaran cashless tanpa tapping di Bali bekerja sama dengan perusahaan taksi Blue Bird," paparnya.

Inovasi RFID ini dibuat untuk mempermudah dan mempercepat waktu transaksi penguna jalan tol, sehingga pemakai jalan bertambah aman, nyaman dan puas.

"Teknologi ini nantinya akan kita perluas di Jakarta dan Tol Trans Jawa," lanjut Agus.

Selain itu, saat ini Jasa Marga melalui Jasa Marga Traffic Information Center (JMTIC) tengah mengembangkan teknologi yang mampu melakukan analisa kondisi jalan untuk kemudian diaplikasikan menjadi traffic management yang mampu mencegah kepadatan di jalan tol.

Sementara untuk menjamin kenyamanan pengguna jalan tol yang hendak beristirahat melepas penat selama perjalanan, aplikasi JM Care yang dirilis Jasa Marga dapat memberikan informasi ter-update terkait rest area terdekat yang dapat diakses oleh pengendara.

"Nanti, di aplikasi itu juga ada informasi ketersediaan parkir hingga ragam tenant yang eksis di rest area tersebut," terangnya.

Agus Sofian pun optimis bahwa dengan kemajuan teknologi di industri 4.0 ini, Jasa Marga sebagai Market Leader di bisnis jalan tol akan terus menghadirkan inovasi-inovasi yang memberikan benefit bagi para pengguna jalan di seluruh Indonesia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini