nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aptrindo Ingin Sopir Truk di RI Miliki Kompetensi Standar Internasional

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 17 Maret 2019 15:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 17 320 2031176 aptrindo-ingin-sopir-truk-di-ri-miliki-kompetensi-standar-internasional-vvlKCXA9zz.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selalu mengingatkan agar memperhatikan kelayakan kendaraan agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas, khususnya kendaaran truk.

Sebab banyaknya kendaraan-kendaraan truk yang menjadi korban maupun sebagai penyebab kecelakaan lalu lintas.

Wakil Ketua Umum Aptrindo Kyatmaja Lookman mengatakan, kecelakaan lalu lintas di indonesia masih sangat tinggi, sehingga menimbulkan kerugian yang besar baik moril maupun materil.

"Sekitar 70% kecelakaan jalan tol melibatkan angkutan barang dan 50 kejadian per harinya, dengan 68% kecelakaan disebabkan oleh human error. Oleh karena itu kita bercita-cita pengemudi truk ini seperti pilot, seperti masinis, seperti kapten," ujarnya saat menggelar deklarasi pengemudi truk sebagai pelopor keselamatan di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Minggu (17/3/2019).

 Baca Juga: Pengusaha Truk Keluarkan Rp1,38 Juta untuk Lalui Tol Trans Jawa

Kemudian, lanjut dia, untuk meningkatkan keselamatan ketertiban, angkutan barang menggunakan kendaraan angkutan muatan standar euro 4, sehingga menghilangkan over dimension-over load (odol).

"Deklarasi Pengemudi Truk menjadikan pelopor mengutamakan keselamatan mengusung tema keselamatan adalah nomor satu yakni safety first," ungkapnya.

 Baca Juga: Kemenhub Kumpulkan 10 Ribu Sopir Truk di Priok, Ada Apa?

Dia menjelaskan, tujuan deklarasi ini, untuk meningkatkan kualitas pengemudi yang memiliki kompetensi yang berstandar nasional maupun internasional.

"Dan meningkatkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran angkutan barang dengan kendaraan berstandar internasional, muatan standar, sehingga menghilangkan over dimension-over load (ODOL)," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini