KSEI Dorong Peningkatan Investor Pasar Modal Syariah

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 02 April 2019 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 02 278 2038140 ksei-dorong-peningkatan-investor-pasar-modal-syariah-UyiIj5WnA5.jpg Ilustrasi Syariah (Foto:Okezone)

JAKARTA – PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) siap mendorong investor segmen syariah. Kesiapan ini seiring keluarnya fatwa dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSNMUI) terkait Proses Bisnis Atas Layanan Jasa KSEI.

Baca Juga: Generasi Milenial Jadi Investor Terbanyak di Pasar Modal

Dengan adanya fatwa nomor 124/DSN-MUI/XI/2018 tersebut, maka semakin lengkap dasar-dasar yang sesuai prinsip syariah dan menjadi acuan serta pegangan dalam berinvestasi di pasar modal Indonesia. Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi mengatakan, Indonesia merupakan pasar potensial bagi pertumbuhan produk-produk investasi yang menggunakan prinsip syariah. Di pasar modal domestik sudah lebih dari 50% saham yang termasuk saham berbasis syariah. “Penerbitan fatwa ini merupakan inisiatif dari KSEI dengan dukungan oleh DSNMUI, OJK, dan SRO. Adanya fatwa tersebut juga harus dibarengi dengan edukasi kepada investor dan masyarakat secara umum,” ujar Friderica dalam jumpa pers di Jakarta, kemarin.

Friderica berharap fatwa ini bisa semakin memantapkan masyarakat untuk berinvestasi secara syariah di beragam produk pasar modal Indonesia. Karena dari proses transaksi di bursa hingga proses penyelesaian di KSEI sudah sesuai dengan prinsip syariah serta proses penerbitan reksa dana yang dikelola dalam infrastruktur investasi terpadu di KSEI juga sesuai dengan prinsip syariah.

ihsg

Sebelumnya sejak 2001, DSN-MUI telah mengeluarkan tiga buah fatwa syariah yang menjadi dasar berinvestasi di pasar modal Indonesia di antaranya Fatwa nomor 20/DSNMUIVIV/ 2001 tentang Pedoman Pelaksanaan Investasi untuk Reksa Dana Syariah, Fatwa nomor 40/DSN-MUIX/2003 tentang Pasar Modal dan Pedoman Umum Penerapan Prinsip Syariah di Bidang Pasar Modal, serta Fatwa nomor 80/DSNMUIII/ 2011 tentang Prinsip Syariah dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek yang diberikan ke Bursa Efek Indonesia.

Sementara itu, Sekretaris DSN MUI Anwar Abbas mengatakan, dengan adanya fatwa terbaru milik KSEI, maka semakin lengkap dasar-dasar yang sesuai dengan prinsip syariah. Ini menjadi acuan serta pegangan dalam berinvestasi di pasar modal Indonesia. “Ini adalah niat baik dari KSEI untuk membuat sistem operasionalnya sesuai syariat,” kata Anwar.

(Hafid Fuad)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini