nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkatkan Akses Infomasi Investor, KSEI Luncurkan AKSes Next-G

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 15:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 20 320 2057994 tingkatkan-akses-infomasi-investor-ksei-luncurkan-akses-next-g-75noNls3b6.jpeg KSEI (Foto: Yohana/Okezone)

JAKARTA - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mendorong peningkatan transparansi informasi dan perlindungan investor pasar modal. Hal ini dilakukan dengan meluncurkan fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) generasi terbaru atau AKSes Next Generation (AKSes Next-G).

"Sehingga investor di pasar modal dapat secara Iangsung memantau portofolio kepemilikan efek dan dana yang tersimpan di dalam rekening dana nasabah," ujaar Direktur Utama KSEI Frederica Widyasari Dewi di Gedung BEI, Jakarta, Senin (20/5/2019).

Dia menjelaskan, peluncuran fasilitas AKSes pertama kali diiakukan KSEI pada tahun 2009 dengan nama Investor Area. Namun, hingga akhir 2018, jumlah investor yang menggunakan fasilitas ini masih kurang dari 12%.

“Salah satu alasan utama KSEI mengembangkan AKSes Next-G adalah karena masih rendahnya pemanfaatan FasiIitas AKSes serta adanya kebutuhan dari investor untuk proses login yang lebih cepat dan mudah," jelasnya.

Dia menambahkan, sebelumnya untuk menggunakan fasilitas AKSes, investor harus lebih dahulu menerima kartu AKSes dan kode pin yang kadang membutuhkan waktu karena dokumen berbentuk fisik dan proses distribusi.

Dengan pengembangan AKSes Next-G, kini investor hanya perlu memasukkan data diri berupa Nomor lnduk Kependudukan (NIK) bagu investor Iokal, sedangkan nomor paspor untuk investor asing atau nomor Single Investor Identification (SID) untuk investor institusi.

Data Iain yang diperiukan antara Iain nama, alamat email, dan nomor handphone. Dalam proses registrasi, juga dilakukan verifikasi antara data yang dimasukan dengan data yang ada pada sistem Utama KSEI (C-BEST atau S-lNVEST).

"Sehingga yang dapat login ke fasilitas AKSes Next-G adalah investor yang benar-benar sudah dibukakan sub rekening efek atau rekening investasi," jelas dia.

Dengan fasilitas ini, investor juga dapat membandingkan Iaporan (account statement) yang disampaikan perusahaan efek (PE) dan bank kustodian (BK) secara berkala dengan data yang tersimpan di KSEI. Portofolio investasi milik investor kini disajikan dalam bentuk tabel dan grafik yang dikategorikan pada tiap-tiap jenis investasi.

Dia berharap, dengan kemudahan terssebut dapat semakin banyak investor yang memanfaatkan fasilitas AKSes Next-G. Terlebih hingga 16 Mei 2019, KSEI mencatat jumlah investor pasar modal mencapai 1.891.601.

"Karena investor yang cerdas tidak hanya cerdas melakukan trading, tetapi juga harus cerdas memantau investasinya," katanya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini