nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diserbu Pembeli, Pasar Tanah Abang Ternyata Tutup

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 15:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 17 320 2044697 diserbu-pembeli-pasar-tanah-abang-ternyata-tutup-pp6FEdn616.jpeg Pasar Tanah Abang (Foto: Yohana/Okezone)

JAKARTA - Banyak masyarakat yang ternyata tak mengetahui Pasar Tanah Abang tutup pada hari berlangsungnya pemilihan umum (pemilu) serentak, yakni Rabu (17/4/2019). Hal itu terlihat dari sejumlah masyarakat yang datang untuk berbelanja di hari libur nasional ini.

Padahal sejak dua hari lalu pihak gedung sudah menyampaikan pengumuman bahwa Pasar Tanah Abang akan tutup pada hari pemilu serentak. Sayangnya, tak semua masyarakat dapat informasi tersebut.

Menurut Petugas Keamanan Gedung Pasar Tanah Abang Ramdani, kondisi masyarakat yang berasal dari berbagai daerah, bahkan dari luar Jakarta, membuat informasi ini tak sampai. Terlebih tak semua pengunjung pasar grosir ini datang setiap hari, sehingga bukan hal aneh jika pengumuman yang sejak dua hari lalu itu tidak diketahui mereka.

"Informasi sudah dua hari lalu dikasih tahu. Itu lewat kertas-kertas pengumuman yang ditempel di dinding-dinding dalam gedung," ujarnya kepada Okezone di Tanah Abang, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Baca Juga: Skybridge Tanah Abang Resmi Dibuka 7 Desember 2018

Dalam pantauan Okezone, tangga-tangga gedung yang menjadi jalan masuk sudah diblokir dengan pengumuman yang menjelaskan Pasar Tanah Abang tutup. Dalam surat yang berstempelkan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya itu, dituliskan operasional gedung tutup untuk menyukseskan Pemilu 2019.

"Kalau selebaran yang di tangga itu baru dipasang kemarin sore, setelah toko-toko pada tutup, sekitar pukul 16.30 WIB," kata Ramdani.

Dia menyatakan, sejak pukul 10.00 WIB sudah banyak masyarakat yang berdatangan untuk berbelanja. Hingga pukul 14.00 WIB, Ramdani pun harus menjelaskan ke lebih dari 60 orang terkait tutupnya Pasar Tanah Abang.

"Banyak banget yang nanya dari pagi. Kalau seandainya nanya itu kena bayaran, mungkin sekarang saya sudah terima banyak uang," selorohnya.

Alhasil, pengunjung yang terlanjur kecewa karena tutupnya Pasar Tanah Abang beralih dengan berbelanja di pedagang kaki lima. Memang, di sepanjang trotoar jalan Tanah Abang ramai dipadati pedagang kaki lima yang berjualan.

tanah abang

Seperti Elisabeth, warga dari Tangerang ini mengaku tak tahu jika Pasar Tanah Abang tutup. Bersama dua orang temannya yang lain, rencana berbelanja baju untuk persiapan Lebaran pun diurungkan. Mereka akhirnya berbelanja beragam kebutuhan lain di pedagang-pedagang pinggir jalan.

"Abis nyoblos kan jam 7-an pagi tuh, rencana saja sama teman ke sini mau belanja baju Lebaran, buat di jual lagi. Mumpung libur juga. Sampai di sini jam 11 siang, eh ternyata tutup. Ya sudah jadi belanja di pinggir-pinggur jalan, beli buah, beberapa baju, sama lain-lain," jelas dia.

Ada pula, Nina, seorang Ibu asal Cibinong, Bogor yang datang bersama putra balitanya. Dirinya tak tahu jika Pasar Tanah Abang tutup, sehingga dirinya memilih untuk tetap membelikan baju sang putra di pedagang kaki lima.

"Tadi pagi kan nyoblos dulu, terus ke sini tapi ternyata yang di gedung tutup. Nah kan yang di pinggir jalan banyak tuh yang jualan, saya beli deh sepasang baju untuk anak saya," katanya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini