nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mentan Resmikan Museum Pertanian Pertama RI

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Senin 22 April 2019 16:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 22 320 2046560 mentan-resmikan-museum-pertanian-pertama-ri-2QyV5w7Vo8.jpg Foto: Mentan di Museum Pertanian

BOGOR - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meresmikan Museum Pertanian di Jalan Djuanda, Kota Bogor, Jawa Barat. Museum pertama di Indonesia ini, menggambarkan sejarah panjang pertanian sejak masa penjajahan hingga sekarang.

"Di Museum Pertanian ini kita bisa melihat dari masa ke masa perkembangan pertanian di Indonesia seperti apa," kata Amran, di lokasi, Senin (22/4/2019).

Baca Juga: FAO Apresiasi Pemerintah Indonesia Atasi Kerawanan Pangan di Asean

Selain itu, melalui museum ini ingin mengubah stigma masyarakat khususnya kaum milenial terhadap sektor pertanian yang selama ini kerap dipandang sebelah mata dan kurang diminati.

"Kita ingin tunjukan generasi milenal, bagaimana supaya mereka tertarik pada sektor pertanian. Kita mentransformasi dari pertanian tradisional menjadi modern itu mutlak tidak bisa dielakan," jelasnya.

Dengan demikian, kaum milenial yang berkunjung ke museum ini termotivasi dan mempunyai optimisme bahwa Indonesia kelak menjadi lumbung pangan dunia pada 2045 dengan sumber daya dimiliki.

"Jadi nanti orang atau milenial ini ketika keluar dari museum, dia bisa membayangkan masa lalu dan ada optimisme mimpi Indoneisa menjadi lumbung pangan dunia nanti bisa terwujud," ungkap Amran.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Nasional, Presiden Jokowi Modernisasi Industri Pertanian

Sementara itu, Sekertaris Jenderal Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro mengatakan museum ini bisa langsung dikunjungi masyarakat gratis selama empat bulan. Ke depan, Museum Pertanian akan menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Bogor.

"Tiga bulan pertama gratis supaya untuk pengenalan. Ini akan jadi destinasi wisata di Kota Bogor, jadi yang ke Kebun Raya juga diarahkan ke sini," pungkasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini