nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi: Kalau Perlu Investasi Tak Usah Pakai Izin

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 09 Mei 2019 13:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 09 320 2053516 presiden-jokowi-kalau-perlu-investasi-tak-usah-pakai-izin-T4oSWQSCdM.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo kembali mengeluhkan masalah perizinan. Ini kesekian kalinya Jokowi mengeluhkan masalah perizinan investasi yang masih sangat lambat.

Menurut Jokowi, harusnya proses perizinan tidak boleh berbelit-belit. Bahkan kalau bisa lanjut Jokowi, pemerintah daerah memberikan karpet merah kepada para investor yang berorientasi ekspor jika ingin menanamkan modalnya di Indonesia.

"Problem kita defisit neraca peredagangan dan current accound deficit (CAD). Artinya butuh ekspor. Butuh investasi. Investasi terutama yang berorientasi kepada ekspor atau kepada subtitusi barang-barang impor," ujarnya di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

 Baca Juga: Jokowi Jengkel 20 Tahun Masalah CAD-Defisit Neraca Dagang Tak Selesai

Menurut Jokowi, kalau bisa izin untuk investor dilakukan belakangan, sehingga, gerak ekonomi Indonesia bisa lebih cepat.

"Investasi kayak gitu kalau perlu enggak pakai izin. Izinnya diberikan kemudian," ucapnya.

Oleh karena itu dirinya kembali mengajak pemerintah daerah untuk mempermudah izin. Karena menurutnya, tanpa bantuan dari pemda, kemudahan perizinan ini hanyalah sebuah mimpi.

"Kalau lingkup kota saya layani sendiri masih sanggup layani sendiri, Provinsi saya sanggup. Tapi ini lingkup negara besar Indonesia," kata Jokowi.

 Baca Juga: Buka Musrenbangnas 2019, Jokowi: 5 Tahun Lagi Saya Tak Ada Beban

Jika permasalahan mengenai perizinan ini bisa terselesaikan dirinya percaya investor asing akan berbondong-bondong datang ke Indonesia. Ini juga berdampak baik bagi perekonomian Indonesia.

"Jadi harus ada kemauan kuat, kalau biasa-biasa saja jangan berharap, lupakan kita bisa masuk empat besar negara maju, lima besar negara maju," tegasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini