China Dominasi Bank Terbesar di Dunia

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 21 Juni 2019 08:38 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 21 320 2069037 china-dominasi-bank-terbesar-di-dunia-uWc9dPMtXq.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Keberadaan bank bagi perekonomian sebuah negara sangatlah vital. Bukan hanya sebagai tempat menyimpan uang, bank juga menggerakkan perekonomian makro sebuah negara.

Berikut bank terbesar di dunia, empat bank teratas di antaranya merupakan bank asal China.

1. INDUSTRIAL AND COMMERCIAL BANK OF CHINA

Total Aset : USD4.009 miliar

Kapitalisasi Pasar : USD312 miliar

Dengan memeliki total aset lebih dari USD4 triliun, Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) saat ini adalah bank terbesar di dunia. Menurut laporan tahunan, bank tersebut memiliki laba operasi sebesar USD53 miliar dan laba bersih sebesar USD41 miliar pada 2016.

Ini adalah bank China pertama yang menjadi perusahaan publik terbesar di dunia dengan total aset. ICBC sebagian besar dimiliki oleh Pemerintah China. Pemegang saham lainnya termasuk Temasek Holdings dan Dewan Nasional untuk Dana Jaminan Sosial (NSSF).

 Baca Juga: 10 Perusahaan Publik Terbesar di Dunia, Siapa Nomor 1?

2. CHINA CONSTRUCTION BANK CORPORATION

Total Aset :USD3.400 miliar

Kapitalisasi Pasar :USD238 miliar

China Construction Bank Corporation atau CCB adalah salah satu dari sepuluh perusahaan publik terbesar di dunia.

Berkantor pusat di Beijing, bank ini memiliki sekitar 13.600 cabang domestik dan lebih dari selusin internasional, termasuk anak perusahaan yang sepenuhnya berada di London. CCB menawarkan layanan perbankan ritel seperti hipotek, kartu kredit dan pinjaman pribadi kepada masyarakat umum, serta solusi perbankan investasi untuk perusahaan-perusahaan besar. CCB juga terlibat dalam bisnis private equity dan wealth management.

3. AGRICULTURAL BANK OF CHINA

Total Aset : USD3.285 miliar

Kapitalisasi Pasar : USD182,3 miliar

Agricultural Bank of China (ABC) atau AgBank adalah salah satu bank paling terkemuka di dunia. Bank ini didirikan pada 1951 sebagai hasil merger antara Farmers Bank of China dan Cooperation Bank.

Setelah merger, bank terus mengalami restrukturisasi beberapa kali hingga berbentuk seperti sekarang ini sejak 1979. ABC memiliki sekitar 24 ribu cabang di seluruh China, lebih dari 320 juta pelanggan

 Baca Juga: 6 Perusahaan RI Masuk Daftar Terbaik Dunia, Ini Daftarnya!

4. BANK OF CHINA

Total Aset : USD2.991 miliar

Kapitalisasi Pasar : USD185 miliar

Dikenal sebagai salah satu "Big Four", Bank of China adalah salah satu bank publik terbesar di negeri tirai bambu. Bank ini didirikan oleh Pemerintah China pada 1912.

Hingga saat ini, Bank of China tercatat sebagai pemberi pinjaman terbesar kedua di negeri Panda. Berkantor pusat di Distrik Xicheng, Beijing, Bank of China memiliki dua anak perusahaan, satu di Hong Kong dan satu lagi di Kanada serta aktif di 27 negara

5. JPMORGAN CHASE

Total Aset : USD2.533 miliar

Kapitalisasi Pasar : USD374,1 miliar

JPMorgan Chase & Co saat ini tercatat sebagai perbankan terbesar di Amerika Serikat. Bank ini didirikan setelah perjanjian merger antara J.P. Morgan & Company, salah satu lembaga perbankan paling kuat pada waktu itu dan Chase Manhattan Bank pada 2000 dan telah menjadi Juggernaut perbankan sejak saat itu.

JPMorgan menyediakan layanan perbankan ritel dan kartu kredit dengan nama merek Chase, sementara layanan perbankan korporat seperti manajemen aset, manajemen kekayaan pribadi, dan layanan keamanan dilakukan di bawah nama merek Morgan. Pada 2017, perusahaan melaporkan pendapatan sebesar USD99,62 miliar dan laba bersih USD24,45 miliar.

6. HSBC

Total Aset : USD2.521 miliar

Kapitalisasi Pasar : USD187 miliar

HSBC adalah raksasa perbankan yang saat ini merupakan bank terbesar di seluruh Eropa. Perusahaan ini didirikan di Hong Kong pada 1885 sebagai Hong Kong and Shanghai Banking Corporation.

Bank ini diberi nama struktural dan akhirnya direstrukturisasi menjadi bentuknya seperti sekarang ini sejak 1991. Pada 2017, HSBC melaporkan total pendapatan sebesar USD51,4 miliar, meningkat 7% dari USD40 miliar dibanding sebelumnya dan meraup laba USD17,1 miliar sebelum pajak

7. BNP PARIBAS

 

Total Aset : USD2.235 miliar

Kapitalisasi Pasar : USD99 miliar

BNP Paribas adalah grup perbankan terkemuka di Prancis dan kedua terbesar di Eropa dalam hal kepemilikan aset baik di bawah manajemen dan kapitalisasi pasar.

Bank ini didirikan pada 2000 sebagi hasil merger antara BNP (Banue Nationale de Paris) dan Paribas. BNP hadir di tujuh benua baik secara langsung atau melalui anak perusahaan. BNP memiliki pijakan kuat di sektor perbankan ritel dan korporasi serta melayani lebih dari 40 juta orang di dunia

8. BANK OF AMERICA

Total Aset : USD2.281 miliar

Kapitalisasi Pasar : USD295 miliar

Bank of America (BoFa) adalah salah satu bank besar penerbit sejumlah besar surat berharga yang didukung hipotek sebelum krisis keuangan tahun 2008.

Bagaimanapun, BoFa saat ini merupakan bank terbesar kedua dengan total aset dan perusahaan terbesar ke-24 berdasarkan total pendapatan di AS. Perusahaan mencatat total pendapatan USD87 miliar dan laba bersih USD18,23 miliar pada 2017.

9. CRÉDIT AGRICOLE

Total Aset : USD2.117 miliar

Kapitalisasi Pasar : USD87 miliar

Crédit Agricole adalah grup perbankan terbesar kedua di Prancis. Didirikan pada 1894 khusus untuk mengurus kebutuhan perbankan para petani dan mendorong kegiatan pertanian di seluruh bangsa.

Bank mengalami beberapa perubahan institusional dari 1988 hingga 2001. Pada 2003, Crédit Agricole mengakuisisi salah satu pesaing terbesarnya, Crédit Lyonnais setelah mengalami masalah keuangan besar pada akhir 1990-an.

Sumber: www.rankred.com

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini