nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hutan Kota Kemayoran Ditargetkan Rampung November 2019

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 09 Juli 2019 20:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 09 470 2076743 hutan-kota-kemayoran-ditargetkan-rampung-november-2019-yWD3vzE3zT.jpg Hutan Kota (Foto: Setneg)

JAKARTA - Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran sejak 2016 lalu terus melakukan revitalisasi Hutan Kota Kemayoran yang direncanakan selesai akhir tahun 2019. Bahkan Hutan Kota Kemayoran yang masih dalam proses revitalisasi ini masuk dalam top 99 inovation.

"Saat ini Hutan Kota Kemayoran sejak pertengahan Juni 2019 lalu pekerjaan tahap kedua sudah dimulai kembali, dan direncanakan akan selesai dalam waktu lima bulan," ujar Direktur Perencanaan Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran Riski Renando usai menghadiri kegiatan Corporate Social Responsibilty Khitanan Massal di Auditorium Kantor PPK Kemayoran seperti dikutip keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Baca Juga: Wisma Atlet Kemayoran Kini Dibiarkan Kosong, Kenapa?

"Pada tahap pertama sudah ada pembangunan 2 jembatan yaitu jembatan besi dan jembatan penghubung," katanya.

Riski menjelaskan, saat ini Hutan Kota akan dibangun dua plaza, yaitu plaza utama dan juga plaza apung, selain itu akan ada juga pembangunan taman burung. "Pada tahap dua ini juga akan dilakukan lelang untuk pekerjaan Landskape, diharapkan akhir tahun ini pada November 2019 bisa dilakukan peresmian untuk tahap pertama," katanya.

Baca Juga: Wisma Atlet Kemayoran Jadi Rumah Dinas PNS Masih di Tangan Kemenkeu

Perlu diketahui sebelum dilaksanakannya revitalisasi Hutan Kota ini perilaku masyarakat sekitar menjadikan waduk dan rawa tempat pembuangan sampah dan limbah, sehingga menimbulkan masalah yakni pendangkalan yang berakibat pada berkurangnya daya tampung debit air yang masuk ke dalam waduk dan rawa di Hutan Kota Kemayoran.

Saat ini semua sudah beda dari yang sebelumnya, kalau yang sebelumnya belum ada pembangunan dan pembersihan, saat ini sudah ada banyak pembangunan, hanya tetap akan mempertahankan karakter Hutan atau Forest trail, serta area rekreasinya dan juga konservasinya.

Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) merupakan Satuan Kerja Kementerian Sekretariat Negara yang bertanggung jawab mengelola Kawasan Kemayoran seluas 454 hektare, salah satunya adalah Hutan Kota Kemayoran ruang terbuka hijau seluas 22,3 hektare.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini