nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Darmin Heran Dituduh Terlalu Intervensi Turunnya Harga Tiket Pesawat

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 17 Juli 2019 21:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 17 320 2080317 darmin-heran-dituduh-terlalu-intervensi-turunnya-harga-tiket-pesawat-2TPHnbcKdi.jpg Darmin Nasution (Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan, kebijakan penurunan tarif tiket pesawat telah melalui kesepakatan semua pihak, termasuk maskapai penerbangan. Hal itu berdasarkan rapat koordinasi yang diikuti oleh semua pihak terkait.

"Itu adalah hasil kesepakatan, bukan tukang-tukangan kami, itu dihadiri Menteri Perhubungan, Kementerian BUMN, pimpinan Garuda Indonesia, Pimpinan Lion Group, (jadi) apalagi?," ujarnya ditemui di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

 Baca juga: Maskapai Ngadu ke Ombudsman soal Tiket Pesawat Turun, Ini Reaksi Luhut

Sebagaimana diketahui, Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) melaporkan dugaan maladministrasi kepada Ombudsman RI terkait penerbitan Kepmenhub No. 106/2019 tentang Tarif Batas Atas (TBA) Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

 Bandara

Keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dipimpin Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, menetapkan perubahan tarif batas atas (TBA) dengan penurunan sebanyak 12% hingga 16%.

 Baca juga: Sampai Kapan Harga Tiket Pesawat Turun 50%? Ini Kata Kemenhub

Selain memangkas TBA, pemerintah bersama dengan maskapai dan pemangku kepentingan terkait juga telah sepakat utuk menyediakan tiket murah seharga 50% dari TBA untuk penerbangan maskapai berbiaya rendah (LCC) pada jam dan hari tertentu.

"Jadi maskapai yang mintanya begitu (hari dan jam tertentu), jangan sepanjang hari katanya. Kalau sepanjang hari susah. Jadi jangan ujug-ujug mengira kita tukangi, karena itu hasil kesepakatan," jelas dia.

Darmin menjelaskan, pemerintah memang memiliki wewenang dalam intervensi tarif batas tiket pesawat. Namun, dalam penetapan kebijakan ini pemerintah melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait termasuk maskapai.

Begitu pula dengan kebijakan turunannya, terkait pemberian diskon tarif tiket pesawat. Hal ini dilakukan untuk memenuhi keinginan semua pihak tanpa mendatangkan kerugian yang cukup besar bagi maskapai penerbangan.

"Kalau sekedar maunya pemerintah, maka kami bisa bikin yang lebih berpengaruh. Tapi kan tidak, yang kami lakukan itu adalah yang disepakati saat ini," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini