nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump: Suku Bunga The Fed Turun Tak Cukup Pertahankan Ekonomi

Selasa 30 Juli 2019 11:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 30 20 2085334 trump-suku-bunga-the-fed-turun-tak-cukup-pertahankan-ekonomi-BCy0byzqgJ.jpg Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto: Reuters)

WASHINGTONG - Presiden AS Donald Trump meningkatkan kritik Federal Reserve dengan mengatakan pemotongan suku bunga kecil tidak cukup untuk mempertahankan ekspansi ekonomi.

"The Fed 'menaikkan' terlalu dini dan terlalu banyak. Pengetatan kuantitatif mereka adalah kesalahan besar lainnya," ," cuit Trump, dikutip dari Antaranews, Selasa (30/7/2019).

Komentarnya muncul karena secara luas diperkirakan bahwa Fed akan memangkas suku bunga acuan pada pertemuan kebijakan yang dijadwalkan untuk Selasa dan Rabu (31/7/2019).

Baca Juga: Menolak Dipecat Trump, Ini Sosok Jerome Powell sang Gubernur The Fed

"Pemotongan suku bunga kecil tidak cukup," kata presiden, karena pasar telah memperkirakan kemungkinan penurunan suku bunga 100% ketika pengatur kebijakan suku bunga Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) mengadakan pertemuan kebijakan pekan ini.

Ilustrasi The Fed

Menurut alat Fedwatch CMP Group yang melacak ekspektasi pasar untuk ukuran penurunan suku bunga, pasar memperkirakan sekitar 73% peluang penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin, sedangkan kemungkinan penurunan 50 basis poin adalah sekitar 27%.

Suku bunga federal fund (FFR) sekarang ditetapkan dalam kisaran target 2,25% hingga 2,5%.

Baca Juga: Presiden Trump Ancam soal Suku Bunga AS, Bos The Fed Tak Gentar

Ketua Fed Jerome Powell, yang sering dibidik oleh Trump dan yang menurutnya bisa diturunkannya, mengatakan dalam dengar pendapat di kongres awal bulan ini bahwa "ketidakpastian seputar pertumbuhan global dan perdagangan terus membebani prospek."

Powell menambahkan bahwa inflasi yang diredam bisa terbukti lebih bertahan, yang "memperkuat kasus untuk kebijakan yang agak lebih akomodatif," sebuah referensi tidak langsung untuk penurunan suku bunga.

Joseph Gagnon, rekan senior di Peterson Institute for International Economics, sebuah think tank Washington, memberikan catatan yang lebih hati-hati pada penurunan suku bunga, dengan mengatakan "pemotongan suku bunga kecil" mungkin dilakukan pada pertemuan mendatang.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan Xinhua, Gagnon menempatkan peluang pemotongan 25 basis poin pada 70%, mengatakan bahwa bahkan pandangan itu sebagai "kesepakatan yang dilakukan tampaknya ekstrem."

Dia mengatakan "tidak ada alasan khusus" bagi bank sentral untuk memotong suku bunga sebesar 50 basis poin saat ini.

Ekonom mengatakan mengingat bahwa efek dari stimulus fiskal pemerintahan Trump "hampir berakhir," pertumbuhan ekonomi AS akan melambat menjadi sekitar dua persen tahun 2019 ini.

Dia mengatakan pejabat-pejabat The Fed "berpikir bahwa mungkin mereka perlu benar-benar memotong 25 atau 50 basis poin" untuk mengamankan tingkat pertumbuhan dua persen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini