nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mindset Masyarakat soal Terminal Bus: Kotor dan Kumuh

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 14:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 31 320 2085903 mindset-masyarakat-soal-terminal-bus-kotor-dan-kumuh-vCl5fqEsGY.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat terus melakukan penataan dan mengembangkan beberapa proyek seperti terminal, jembatan timbang, dermaga dan pengujian laiak jalan. Penataan tersebut, melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, sejak tahun 2018 sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, apabila hanya andalkan APBN mungkin pelayanan masyarakat tidak akan begitu cepat untuk perbaikan.

"Jadi yang kita lakukan ini untuk mengubah mindset masyarakat terhadap bagaimana pelayanan di bidang transportasi darat. Kita ketahui bersama terminal sebelum sekarang ini kan pasti kumuh, kotor dan kemudian jembatan timbang juga ada penyimpangan dan sebagiannya," ujar dia, Hotel Merlyn Jakarta Rabu (31/7/2019).

 Baca Juga: Proyek Kemenhub yang Akan Ditawarkan ke Swasta

Dia menuturkan bahwa membangun perubahan itu tidak hanya fisik saja. Namun juga menyangkut sumber daya manusia (SDM) dan menyangkut masalah hal lain. Di mana untuk keterbatasan anggaran di perhubungan darat tidak bisa melakukan perubahan itu secara cepat.

"Karena memang kita punya secara kuantitas jembatan dan banyak terminal. Maka itu salah satu metode kita ingin melibatkan sektor swasta pada pembangunan-pembangunan bidang tersebut," tutur dia

 Baca Juga: Kemenhub Ajak Investor Bangun Infrastruktur di Indonesia

Sehingga, lanjut dia tidak hanya membangun saja tetapi melakukan pengelolaan. Dan Direktorat Perhubungan Darat hanya mengawasi transportasinya. Tapi kepada bisnis yang lain nanti bisa diserahkan kepada swasta. Dengan catatan swasta harus berinvestasi.

"Kemudian ada konsesi berapa tahun nanti akan ada pendampingan dari Kemenkeu untuk bisa semuanya. Tapi nanti skemanya apakah dengan kerja sama pemanfaatan KPBU kita tetap lelang. Sekarang kita hanya jual beberapa potensi yang bisa kita kerjasamakan di Direktorat Perhubungan Darat," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini