nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kini Izin di Kementerian ESDM Hanya 7 Hari

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 16:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 06 320 2088485 kini-izin-di-kementerian-esdm-hanya-7-hari-1owtULV7DR.jpeg Foto: Peluncuran Sistem Online di ESDM

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan sistem perizinan online untuk semua direktorat. Sistem ini bisa mempercepat perizinan selama 7 hari.

"Sistem online ini mempercepat perizinan menjadi 7 hari rata-rata. Yang biasanya bisa lebih dari sebulan, bisa tiga bulan bahkan bisa setahun. Dan ini janji kita 7 hari perizinan selesai," ujar Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di Gedung ESDM Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Baca Juga: Menteri Jonan Sebut Sistem IT Kementerian ESDM Enggak Update

Dia menuturkan, dengan sistem ini, pihaknya bisa mengetahui direktorat di Kementrian ESDM yang telat mengeluarkan izin. Dan saat ini sudah ada 56 perizinan yang menggunakan sistem online.

"Di kami ada 70 perizinan, namun yang bisa menggunakan sistem online saat ini hanya 56 dan pada September akan bisa semuanya," kata dia.

Baca Juga: Rapat 3 Jam, Komisi VII dan KESDM Hasilkan 5 Kesimpulan

Dia menambahkan sistem online ini merupakan sistem baru di lingkungan Kementrian ESDM. Walaupun sebelumnya ada hanya di direktorat-direktorat saja.

"Ini baru semua. bisnis prosesnya. Sebelumnya itu data enggak terintegrasi prosesnya pelan. Tidak user friendly, kemudian tidak bisa tracking berapa orang si usernya juga tidak tahu kita sampai di mana dokumennya, tahapannya. Sekarang tahapannya antara direktorat Minerba, Gatrik dan lainnya sama kalau dulu enggak," pungkas dia.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini