nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Iuran Badan Usaha Dipangkas, Harga BBM Turun

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 04:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 15 320 2092330 iuran-badan-usaha-dipangkas-harga-bbm-turun-w8HYkJduH0.jpg BBM (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Badan Usaha Penyediaan dan Pendistribusian BBM mendapat hadiah dengan dipangkasnya iuran sebesar 0,25% hingga 0,5%. Dengan diturunkannya iuran tersebut, badan usaha seperti Pertamina diharapkan bisa menurunkan harga bensinnya.

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan, BBM itu ada 3 jenis, BBM tertentu itu Solar, BBM penugasan itu premium dan BBM umum itu avtur. Dengan iuran turun, otomatis harga BBM turun.

"Nah yang kita omongin BBM umum avtur,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani penurunan persentase iuran tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2009 tentang Besaran dan Penggunaan Iuran Badan Usaha Dalam Kegiatan Usaha Penyediaan dan Pendistribusian BBM dan Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa sebagai pengganti PP Nomor 1 Tahun 2006. Beleid tersebut diteken 3 Juli 2019 dan diundangkan pada 8 Juli 2019.

Ifan mengaku penurunan ini menurunkan porsi harga BBM dari iuran sebesar 16%. Namun secara keseluruhan, dirinya belum bisa memastikan penurunannya berapa persen.

Baca Selengkapnya: Iuran Dipangkas, Harga BBM Bisa Turun

(fbn)

Berita Terkait

Top News Economy

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini