nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inka Ngeluh Pabrik Sesak, Adhi Karya Siapkan Parkir Khusus LRT Jabodebek

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 13:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 21 320 2094759 inka-ngeluh-pabrik-sesak-adhi-karya-siapkan-parkir-khusus-lrt-jabodebek-BooDC3YMiU.jpg LRT (Okezone)

JAKARTA - PT Adhi Karya (Persero) Tbk mengizinkan kereta Light Rail Transit (LRT) Jabodebek buatan PT Inka (Persero) untuk segera mengirimkan keretanya ke Jakarta. Hal ini menyusul keluhan Inka mengenai fullnya pabrik mereka karena kereta LRT yang tak kunjung di angkut ke Jakarta.

Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto mengatakan, pihaknya menyiapkan satu jalur khusus untuk tempat parkir kereta. Satu jalur yang disediakan berada di titik Cibubur hingga menuju ke Ciracas atau sekitar 2 kilometer.

 Baca juga: Tidak Keluar dari Pabrik, Produksi Kereta LRT Bakal Mampet

Alasan mengapa diberi tempat parkir diatas rel adalah karena saat ini depo untuk kereta LRT di Bekasi masih belum rampung. Bahkan, pembebasan lahan untuk depo masih belum rampung seluruhnya.

LRT

“Kami meawarkan keretanya Inka di atas Rel dari CIbubur sampai Ciracas,” ujarya saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia, Rabu (21/8/2019)

 Baca juga: Mati Listrik Serentak, Operasional LRT Dihentikan

Nantinya lanjut Budi, dari dua jalur kereta yang tersedia, satu jalur akan digunakan untuk running test kereta. Sedangkan satu laginya akan digunakan untuk parkir kereta LRT Jabodebek.

Dengan fasilitas yang disiapkan ini diharapkan pabrik milik INKA bisa kembali kosong. Sehingga perseroan bisa memproduksi kereta lagi.

“Jadi satu track parkirnya kereta INKA dan satu lagi untuk running test,” ucapnya.

Baca juga: Molor Lagi karena Lahan, LRT Jabodebek Rampung 2021

Budi menambahkan, dalam waktu dekat kereta LRT milik INKA memang akan dikirimkan ke Jakarta. Sebelum dikirim, saat ini PT KAI tengaj melakukan tinjauan ke pabrik milik INKA sekaligus melakukan FAT tes.

“Kami sudah bicara dengan KAI dan INKA, jadi dari KAI akan segera datang ke pabriknya INKA untuk melakukan FAT dan nanti bisa diakukan oleh INKA,” jelasnya.

Sebagai informasi sebelumnya, PT INKA (Persero) meminta kepada PT KAI (Persero) untuk segera mengirim kereta Light Rail Transit (LRT) Jabodebek ke Jakarta. Pasalnya, pihaknya sudah menyelesaikan sebagian besar pesanan kereta LRT Jabodebek yang mana ada sekitar 134 bodi gerbong yang sudah rampung dikerjakan.

Direktur Utama PT INKA (Persero), Budi Noviantoro mengatakan, alasan mengapa pihaknya meminta agara segera mengangkut adalah karena saat ini kereta LRT memenuhi pabrik yang dimiliki Perseroan di Madiun. Penuh sesaknya pabrik kereta di Madiun membuat Perseroan tidak bisa memproduksi lagi.

“(134) Sudah dibuat body-nya, cuma kalau nggak dikeluarkan ya mampet saya nggak bisa produksi lagi. LRT semua, sudah merah semua tadi," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini