nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangunan Ikonik Gelombang Laut Ini Ternyata dari Botol Plastik

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 13:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 22 470 2095223 bangunan-ikonik-gelombang-laut-ini-ternyata-dari-botol-plastik-3r2JoLxGhU.png Sekolah Seni dari Botol Plastik di Meksiko (Foto: UMA)

JAKARTA – Untuk menyelamatkan dunia dari sampah plastik, banyak perusahaan yang berlomba-lomba mengembangkan sampah plastik menjadi sebuah inovasi baru.

Contohnya seperti Arsitek Mejergen (UMA) yang memiliki proyek konseptual berjudul gelombang baru seperti yang dilansir dari Designbloom.com, Selasa (20/11/2019).

Baca Juga: Rumah Bos Twitter di Hollywood Hills Rp60,4 Miliar, Intip Kemewahannya

Mereka mengusulkan untuk menggunakan botol plastik daur ulang dari laut untuk membangun sebuah sekolah seni di Meksiko.

Ide kreatif ini muncul karena sampah plastik yang dihasilkan di Meksiko mencapai setengah juta ton dan berakhir di laut setiap tahun. Proyek ini bertujuan untuk memberi contoh positif kepada masyarakat dan menunjukan apa yang dapat dicapai dengan mendaur ulang botol plastik.

Botol Plastik Jadi Bangunan Sekolah

Bentuk gelombang yang ditunjukan oleh UMA pada sekolah seninya bermaksud untuk membuat rasa ingin tahu masyarakat yang lewat dan menawarkan lingkungan yang menginspirasi bagi anak-anak untuk berkembang, sementara itu berfungsi untuk pengingat dari mana botol-botol itu di ambil.

Baca Juga: Apartemen Seluas Parkiran Satu Mobil Laris Manis di Amerika Latin

Botol-botol plastik itu di bor di bagian bawah agar menghasilkan lubang dan di sambung pada setiap batang botol, kemudian botol tersebut di tekuk sehingga membentuk gelombang. Botol-botol yang berada di bawah di isi dengan semen atau pasir untuk memastikan keseimbangan dan masing-masing botol menempel pada dinding atau lempengan udara.

Botol Plastik Jadi Bangunan Sekolah

Botol-botol itu dicat dengan gradasi warna biru- cyan – putih sehingga menghasilkan warna yang cantik dan terlihat seperti ombak. Lalu pada bagian atas ombak juga dapat melindungi dari hujan dan matahari. Di dalam bangunan ini juga di isi dengan meja, kursi, alat melukis bahkan papan tulis seperti sekolah seni pada umumnya.

Botol Plastik Jadi Bangunan Sekolah

Dengan adanya proyek ini juga memberikan gambaran bahwa bagaimana plastik dapat merusak lingkungan laut kita dan bagaimana plastik dapat digunakan dan di daur ulang dalam sebuah bangunan.

Selain kreatif, inovasi ini sangat berguna untuk mengurangi sampah plastik yang ada di dunia, semoga Indonesia juga dapat mengembangkan sampah plastik untuk sesuatu yang bisa lebih berguna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini