nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PGN Rancang Pembangunan Pipa Gas di Ibu Kota Baru

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2019 18:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 30 320 2098722 pgn-rancang-pembangunan-pipa-gas-di-ibu-kota-baru-2LpwnxcNgM.jpeg Dirut PGN Gigih Prakoso. (Foto: Okezone.com/Giri)

JAKARTA - Penunjukan Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai ibu kota baru disambut baik PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Daerah Kaltim dinilai cukup menyimpan banyak sekali sumber gas.

Baca Juga: Bursa Transfer, Direktur Keuangan PGN Pindah ke Pertamina

Direktur Utama PGN Gigih Prakoso mengatakan, pihaknya siap memasok gas di ibu kota baru jika nanti desain untuk menggunakan sumber energi gas bumi. Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan sambungan pipanya untuk disambungkan menuju rumah-rumah ataupun perkantoran.

Pipa gas

“Tentunya kami mendukung dan kami kebetulan memang di daerah Kalimantan sangat kaya dengan gas. Terutama untuk Kalimantan Timur sehingga nantinya apabila kota baru ini akan didesain dengan menggunakan sumber energi gas, kita siap menyuplai dan pipanisasinya, infrastrukturnya,” ujarnya saat ditemui di Hotel Four Season, Jakarta, Jumat, (30/8/2019).

Baca Juga: PGN Rombak Direksi dan Komisaris, Ini Formasi Terbarunya

Lagi pula, saat ini pihaknya juga sudah mengoperasikan jaringan gas di wilayah Kalimantan Timur. Ada sekitar 5.000 jaringan gas rumah tangga yang sudah beroperasi di wilayah Penajam Paser Utara.

“Karena memang kami sudah punya operasinya di daerah Kalimantan Timur,” ucapnya

Sementara itu, Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Dilo Seno Widagdo mengatakan, mengenai rencana pemindahan ibu kota pihaknya sudah berkomunikasi secara intens dengan Bappenas untuk merancang sistem pipanisasi distribusi gas di ibu kota baru. Diharapkan tahun depan, pihaknya sudah bisa menyampaikan konsep detil dari distribusi gas di ibu kota baru.

“Hari ini kita masih dalam konseptual desain nanti kalau sudah, mungkin baru tahun depan kita bisa mendetailkan,” ucapnya.

Khusus untuk Penajam Paser sendiri saat ini sudah ada 5.000 pelanggan rumah tangga. Ditargetkan pada 2020 nanti ada sekitar 10.000 sambungan jaringan gas rumah tangga di Penajam Paser Utara.

“Jargas. Hari ini kita sudah punya rencana untuk fit Penajam Paser Utara itu sekitar 5.000 untuk pelanggan rumah tangga. Yang tahun 2019 ini sedang dibangun juga di daerah Penajam Paser Utara itu sekitar 5.000,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini