nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Biasa, Menhub Rapat Kerja dengan DPR Pakai Baju Adat

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 14:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 03 320 2100100 tak-biasa-menhub-rapat-kerja-dengan-dpr-pakai-baju-adat-KeYIZThclk.jpeg Rapat Kerja Kemenhub dengan Komisi V DPR. (Foto: Okezone.com/Yohana)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan rapat kerja dengan Komisi V DPR RI pada hari ini. Menariknya, dalam rapat tersebut seluruh jajaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggunakan pakaian adat.

Budi Karya nampak mencolok menggunakan pakaian adat Riau, yakni pakaian kurung tulung belut berwarna emas. Sedangkan, di antaranya ada Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dan Sekertaris Jenderal Kemenkhub Djoko Sasono yang menggunakan pakaian adat betawi.

Baca Juga: APBN Terbatas, Kemenhub Kembangkan Proyek Balai Pengujian Kendaraan Pakai KPBU

Jajaran Kemenhub lainnya juga ada yang nampak menggunakan pakaian adat Sumatera Utara hingga Jawa Tengah.

Menyadari hal tersebut, Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis yang menjadi pemimpin rapat, mengajak untuk seluruh pejabat Kemenhub yang hadir melakukan foto bersama anggota DPR. Dalam rapat itu hadir 28 anggota dari 8 fraksi.

Menhub

"Karena Bapak Ibu semua hari ini pakai baju adat, kita perlu membuka rapat ini dengan berfoto bersama. Tapi meski begitu, rapat nanti harus tetap serius," ujar Fary membuka rapat di Gedung DPR RI, Selasa (3/9/2019).

Baca Juga: Proyek Kemenhub yang Akan Ditawarkan ke Swasta

Usai dibuka dengan berfoto bersama, rapat pun kembali dilanjutkan. Agenda rapat kali ini adalah membahas RKA K/L Kementerian Perhubungan dalam Nota Keuangan Rancangan APBN tahun 2020.

Mengawali pemaparan, Budi Karya menjelaskan, penggunaan pakaian adat ini merupakan aturan baru yang berlaku di untuk pegawai Kemenhub. Penggunaan pakaian adat yang dilakukan setiap hari Selasa itu, sebagai wujud rasa cinta Tanah Air dan kesadaran akan keberagaman budaya.

Menhub

Kebijakan penggunaan pakaian adat oleh ASN di lingkungan Kemenhub tertuang dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 19 Tahun 2019 tentang Pakaian Dinas Pegawai Kementerian Perhubungan.

"Sebenarnya berawal dari ingin pakaian wanita berkebaya itu ada di Kemenhub setiap hari Selasa, tapi Pak Sekjen minta jangan hanya wanita saja tapi pria juga. Jadilah bersama-sama wanita dan pria di Kemenhub gunakan pakaian adat," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini