nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kewajiban Pejabat Kemenhub Pakai Mobil Listrik untuk Eselon I dan II

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 14:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 10 320 2102949 kewajiban-pejabat-kemenhub-pakai-mobil-listrik-untuk-eselon-i-dan-ii-ipoeaokUIH.jpg Mobil Listrik. (Foto: Okezone.com/Taufik)

TANGERANG – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana akan mewajibkan pegawai eselon I dan II menggunakan mobil listrik. Hal tersebut akan dituangkan dalam peraturan yang baru bisa diterbitkan tahun depan.

Baca Juga: Menko Luhut: PLN, Grab dan BPPT Akan Garap SPLU untuk Mobil Listrik

"Pak menteri menyatakan semua pegawai eselon I dan II di Kemenhub harus menggunakan mobil listrik. Akan diadakan secepatnya, kalau tidak tahun ini tahun depan," ujar Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Ahmad Yani Ahmad, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/9/2019).

Mobil Listrik

Dia belum bersedia menyebut merek mobil listrik apa yang akan digunakan nantinya. Yang jelas bisa menemukan mobil listrik dengan harga sesuai dan juga berkualitas bagus.

"Mereknya nanti lah, kan dicari dulu yang paling murah tapi paling bagus," tukasnya.

Baca Juga: Menhub Pesan 100 Mobil Listrik

Pemerintah sudah menerbitkan aturan terkait mobil listrik. Salah satu tujuannya dengan dari mobil berbahan bakar bensin ke mobil listrik diyakini bisa mengurangi polusi. Adapun keuntungan lainnya seperti bebas ganjil genap.

"Bebas ganjil genap dong, minimal mengurangi polusi udara karena mobil yang satunya (berbahan bakar bensin) tidak dipakai," ucap Ahmad.

"Selain bebas ganjil genap, parkir bisa gratis juga," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana mengadakan sekitar 100 unit mobil listrik untuk Kementerian Perhubungan, sebagai bentuk dukungan menggencarkan penggunaan kendaraan listrik seperti yang didorong pemerintah.

"Pengadaan mobil listrik ini inginnya dari tahun ini," kata Budi Karya Sumadi di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

Menurut dia, bentuk pengadaan itu kemungkinan akan dilakukan dalam bentuk leasing yang bakal diperuntukkan bagi pejabat Kemenhub. Namun, Menhub mengaku tidak hafal berapa anggaran yang dialokasikan untuk itu.

Budi Karya Sumadi optimistis bahwa dalam beberapa tahun ke depan penggunaan mobil listrik akan semakin optimal karena terdapat berbagai manfaat seperti kondisi udara yang akan menjadi semakin bersih.

1
2

Berita Terkait

Mobil listrik

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini