nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kiat Persiapkan Buah Hati Lahir, Jangan Sampai Salah Hitung-Hitung Anggarannya!

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 06:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 13 320 2104384 kiat-persiapkan-buah-hati-lahir-jangan-sampai-salah-hitung-hitung-anggarannya-RR0ZnaEVBU.jpg Menanti Kehamilan (Reuters)

JAKARTA - Pada dasarnya setelah menikah pembicaraan soal keuangan terus bergulir. Salah satunya adalah saat memiliki punya anak.

Untuk pasangan yang baru menikah pasti ingin langsung dikaruniai buah hati, namun, taukah kamu biaya untuk satu anak sangatlah besar. Kamu perlu memikirkan biaya melahirkan, biaya sekolah dan kebutuhan-kebutuhan yang di perlukan untuk anakmu.

Sayangnya, banyak pasangan baru yang sudah memiliki anak, namun belum siap dengan masalah keuangan bahkan justru menyebabkan uang mereka terbuang sia-sia.

 Baca juga: Sukses Berbisnis Bukan Kunci Jadi Jutawan, 2 Hal Ini Ternyata Rahasianya

Melansir dari USAtoday,Sabtu (14/9/2019) Berikut 4 kesalahan yang harus dihindari oleh para orangtua baru:

Kehamilan  

1. Membeli Semua Peralatan Bayi

Semakin canggih teknologi, semakin banyak pula gadget-gadget yang dikhususkan untuk bayi. Seperti halnya blender untuk menghalusi makanan bayi hingga kursi goyang untuk bayi. Memang terdengar unik dan pasti setiap ibu yang baru memiliki anak, ingin membeli itu semua untuk kebutuhan bayi mereka. Tapi, jika difikir-fikir barang itu semua tidak terlalu penting, karena kenyataannya orang tua zaman dulu bisa membesarkan bayinya bertahun-tahun tanpa barang itu semua. Hal itu hanya akan menguras dompetmu saja.

 Baca juga: Takut Gagal dalam Buat Startup? Perhatikan 2 Cara Berikut Ini

2. Membeli Persediaan Bayi Terlalu Banyak

Hampir setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, mereka pasti tidak ingin anaknya kekurangan sesuatu yang penting untuk keberlangsungan hidup bayi mereka. Namun, ada 1 kesalahan yang dilakukan oleh para orang tua, salah satunya seperti membeli popok bayi hingga berpack-pack, padahal mereka tahu ada beberapa merek popok yang memiliki kelebihan tahan bocor sehingga mereka tidak perlu membeli banyak popok dan lebih memperhitungkan persediaan bayi mereka untuk sebulan kedepan, agar menghindari pemborosan keuangan.

3. Gagal Merencanakan Rencana Keuangan Sejak Awal

Saat memutuskan untuk memiliki anak pasti kamu sudah harus memiliki rencana keuangan untuk anakmu di masa depan, dari mulai biaya sehari-harinya, biaya pakaian, sampai biaya untuk keperluan membeli popok harus sudah di rencanakan di awal kehamilan. Namun, bagaimana kalau dari tahap ini saja kamu sudah salah mengambil langkah? kamu akan mendapatkan tagihan-tagihan tak terduga yang akan membuat bengkak catatan keuanganmu, maka cobalah tanya orang yang sudah ahli di bidang ini untuk membantumu mengatur pengeluaran untuk kebutuhan bayimu.

4. Membuka Banyak Tabungan di Bank

Membuka banyak tabungan di berbagai bank memang bagus, tapi kadang berdampak sebaliknya. Kamu akan di sibuki untuk membayar seluruh suku bunga yang di berikan di tiap-tiap bank yang kamu daftarkan, dan ini akan membuat kamu tidak fokus untuk memenuhi kebutuhan anak pertamamu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini