nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Operasi Komersil LRT Jabodebek Rute Cibubur ke Cawang Dipastikan Mundur

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 20:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 13 320 2104636 operasi-komersil-lrt-jabodebek-rute-cibubur-ke-cawang-dipastikan-mundur-5Ln40Sw87D.jpg LRT (Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menggelar rapat koordinasi (Rakor), tentang percepatan pembangunan LRT Jabodebek di Kantor Kemenko Kemaritiman Jakarta, hari ini. Acara tersebut juga dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

Menhub Budi mengatakan bahwa rapat kali ini melakukan evaluasi tentang waktu beroperasinya LRT itu, karena sementara ini ada perbedaan waktu penyelesaiannya.

 Baca juga: Baru 64,6%, Adhi Karya Buka-bukaan Proyek LRT Jabodebek Tahap I

"Jadi untuk rute LRT Jabodebek Cibubur ke Cawang kami tidak akan berlakukan operasi kepada masyarakat. Karena kami ingin melakukan pengoperasian kepada masyarakat atau komersial dari rute Cibubur ke Dukuh Atas dengan melintasi Cawang," ujar dia, Jumat (13/9/2019).

 Rute LRT

Menurut dia, konsultan dari LRT Jabodebek menyampaikan kalau sampai Cawang ridershipnya (penumpangnya) sedikit, sehingga ada pengaruhnya terhadap subsidi.

 Baca juga: Waktu Kedatangan LRT Jabodebek Dirancang Setiap 3 Menit

"Maka itu, kita baru akan operasikan, dari Cibubur sampai Dukuh Atas. Itu usulan rapat apabila itu dioperasikan," tutur dia.

Dia menjelaskan, untuk progres pembangunan stasiun Dukuh Atas, pemerintah akan rapatkan pada Minggu depan.

 Baca juga: LRT Beroperasi, Cibubur-Cawang Hanya Hanya 15 Menit

"Kami akan rapat Minggu depan untuk mengevaluasi apakah waktu yang kita gunakan cukup sama dengan Cawang. Dan rapat tidak merekomendasi sampai Cawang saja," ungkap dia.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, PT Inka (Persero) akan melakukan uji coba kereta Light Rail Transit (LRT) pada rute Cawang-Cibubur.

"Jadi saya datang ke sini karena sebentar lagi kita sudah akan meletakkan satu rangkaian kereta (trainset), yang kita akan uji coba. Karena memang proyek LRT Jabodebek itu belum semuanya yang terselesaikan. Seperti di Bekasi tapi kita harapkan Cibubur-Cawang ini bisa beroperasi sebelum akhir tahun ini," ujar Rini saat meninjau proyek LRT Jabodebek.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini