nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jepang Segera Bangun Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 28 September 2019 06:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 27 320 2110128 jepang-segera-bangun-kereta-semicepat-jakarta-surabaya-V8bZUISOfu.jpg Perlintasan Sebidang Kereta. (Foto: Okezone.com/Wahyu Muntinanto)

JAKARTA - Jepang akan segera membangun proyek Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya. Untuk mendukung proyek tersebut, akan dilakukan sterilisasi pada 500 perlintasan jalan dan kereta di sepanjang perlintasan rel Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya akan membangun flyover dan underpass hingga jembatan penyeberangan orang (JPO) termasuk perbaikan jalan lingkungan di sekitarnya, dengan menggunakan teknologi dan produk dalam negeri. Penggunaan produk lokal digunakan karena lebih hemat dalam biaya pengerjaan dan lebih cepat waktu penyelesaiannya.

“Misalnya pembangunan Flyover Antapani yang menggunakan teknologi Corrugated Mortar Busa Pusjatan (CMP) terbukti bisa menghemat 40% dibandingkan beton biasa dan lebih cepat selesai 6 bulan. Produk lokal lainnya yang akan digunakan yakni precast concrete girder yang diproduksi oleh pengusaha lokal. Jadi nanti akan banyak produk dalam negeri yang akan kita manfaatkan,” jelas Basuki.

Pengerjaan underpass, flyover, dan JPO akan dimulai tahun 2020 setelah Feasibility Study (FS) kereta semi cepat diselesaikan pihak Jepang.

Direncanakan pembangunan flyover akan diterapkan pada perlintasan sebidang di wilayah perkotaan dan untuk wilayah perdesaan underpass.

Baca Selengkapnya: Bangun Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya, 500 Perlintasan Jalan dan Kereta Disterilisasi

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini