nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PayPal Bakal Akuisisi 70% Saham GoPay

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 14:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 01 320 2111494 paypal-bakal-akuisisi-70-saham-gopay-JHuBWgWlkj.jpg PayPal Akuisisi 70% Saham GoPay (Foto: Ist)

JAKARTA - PayPal mengakuisisi 70% saham GoPay. Namun GoPay yang dimaksud bukan pembayaran digital milik Gojek, melainkan GoPay di China atau Guofubao Information Technology Co.Ltd (GoPay).

Aksi akuisisi ini telah disetujui oleh bank sentral China (People's Bank of China) dan menjadikan perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut menjadi platform pembayaran asing pertama yang beroperasi menyediakan layanan pembayaran online di China.

 Baca Juga: OVO, Go-pay hingga LinkAja Mana yang Paling Laku?

PayPal merupakan sistem pembayaran secara elektronik yang menggantikan transaksi konvensional berupa cek dan transfer uang.

Melansir tech crunch, Jakarta, Selasa (1/10/2019), GoPay memiliki lisensi untuk transaksi online dan seluler, dan terutama menyediakan produk pembayaran untuk industri termasuk e-commerce, perdagangan lintas batas, pariwisata penerbangan dan lainnya.

 Baca Juga: CEO PayPal: Pasar Pembayaran Digital Diprediksi Tembus USD100 Triliun

"Bank Rakyat Tiongkok telah menyetujui PayPal akuisisi 70% saham GoPay, pemegang lisensi bisnis pembayaran di China," demikian pernyataan PayPal.

 PayPal Akuisisi GoPay

PayPal mengaku senang dan merasa terhomat menjadi platform pembayaran asing pertama yang dilisensikan untuk menyediakan layanan pembayaran online di China. "Kami berharap dapat bermitra dengan lembaga-lembaga keuangan dan platform teknologi China, menyediakan serangkaian solusi pembayaran yang lebih komprehensif untuk bisnis dan konsumen, baik di China maupun global," katanya.

PayPal memperkirakan kesepakatan akan rampung pada kuartal keempat tahun 2019 dan kesepakatan ini akan tunduk pada aturan yang berlaku.

Menurut pernyataan Guofubao, PayPal mengakuisisi saham pengendali melalui anak perusahaan yang berbasis di Shanghai, Yinbaobao Information Technology (Shanghai). Namun perusahaan tidak mengungkapkan berapa nilai akuisisinya.

Berita masuknya PayPal ke China datang pada saat ketegangan antara AS dan China yang meningkat, dengan Gedung Putih dilaporkan sekarang mempertimbangkan untuk mengekang beberapa investasi AS di China di tengah sengketa perdagangan antara kedua negara.

Meskipun pasar pembayaran China saat ini dipimpin oleh pemain lokal, termasuk penyedia eWallet seperti AliPay dan WeChat Pay di sisi seluler, masih ada banyak ruang untuk pertumbuhannya yang akan menguntungkan PayPal.

 PayPal Akuisisi GoPay

Dalam laporan dari Frost & Sullivan, pasar pembayaran mobile diperkirakan akan tumbuh 21,8% dari 2017 menjadi USD96,73 triliun pada 2023, sebagian didorong oleh meningkatnya permintaan untuk e-commerce.

Pasar juga mengalami peningkatan transaksi lintas batas, khususnya di sektor-sektor seperti e-commerce, perjalanan dan pendidikan luar negeri. Ini mencapai USD6,66 triliun pada tahun 2016.

Laporan itu juga menambahkan bahwa jumlah total pelanggan pembayaran seluler yang aktif diperkirakan akan mencapai 956 juta pada tahun 2023, naik dari 562 juta pada tahun 2017.

Tahun lalu, bank sentral China mengatakan akan membuka lebih lanjut untuk perusahaan pembayaran asing.

Di sisi lain, perusahaan Amerika di pasar jasa China. Khususnya, American Express menjadi jaringan kartu AS pertama yang mendapatkan izin untuk mengatur layanan pembersihan kartu di China November lalu, dan Mastercard tahun ini mengatakan akan mencoba untuk mendirikan usaha patungan dengan pemain lokal lain untuk mendapatkan izin.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini