nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Sawit, Presiden Jokowi Berharap Dukungan Belanda Hadapi Uni Eropa

Fakhri Rezy, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 15:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 07 320 2113870 soal-sawit-presiden-jokowi-berharap-dukungan-belanda-hadapi-uni-eropa-XKJ6f8bE9P.jpg Jokowi dan PM Belanda (Foto: Okezone.com/Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambangi oleh Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. Pasalnya, pertemuan tersebut juga membahas soal industri kelapa sawit.

Dari pertemuan tersebut, Jokowi berharap mendapatkan dukungan dari Belanda menghadapi kebijakan Uni Eropa terhadap kelapa sawit. Dirinya menyampaikan kembali concern Indonesia untuk kebijakan Uni Eropa terhadap kelapa sawit.

 Baca juga: Menko Darmin: Pungutan CPO dan Produk Turunannya Ditunda

“Saya juga menghargai kerja sama yang baru saja ditandatangani oleh Indonesia dan Belanda di New York, tanggal 26 September 2019 yang lalu, mengenai pengembangan kapasitas petani sawit untuk menghasilkan kelapa sawit yang baik,” ujar Presiden Jokowi, Senin (7/10/2019).

 sawit

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, Belanda merupakan salah satu mitra penting Indonesia di Eropa, baik di bidang perdagangan, investasi maupun pariwisata.

 Baca juga: Uni Eropa Sebut Sawit Punya Kandungan Minyak Nabati Lebih Baik dari yang Lain

“Di antara negara-negara Eropa, Belanda merupakan mitra perdagangan nomor 2 terbesar dan mitra investasi nomor 1 dan mendatangkan wisatawan nomor 4 terbesar dari Eropa.,” ungkap Presiden Jokowi.

Presiden menegaskan, di tengah situasi perekonomian dunia yang mengalami tren pelemahan, perlu berupaya meningkatkan kerja sama ekonomi dengan banyak mitra, termasuk dengan Belanda.

“Di bidang perdagangan kita sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan yang terbuka dan fair,” tegas Presiden.

Sementara di bidang investasi, Presiden Jokowi mengajak Belanda untuk meningkatkan kemitraan di bidang infrastruktur maritim dan pengelolaan air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini