nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Penyelundupan, RI-Singapura Bertukar Data Ekspor Impor

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 09:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 09 320 2114597 banyak-penyelundupan-ri-singapura-bertukar-data-ekspor-impor-yifk8l83ih.png Indonesia-Singapura Bertukar Data Ekspor Impor (Foto: Okezone.com/Instagram Sri Mulyani)

JAKARTA - Indonesia dan Singapura sepakat melakukan pertukaran data ekspor impor. Kesepakatan ini ditandatangani oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Keuangan Singapura Heng Swee Keat di Singapura, Selasa 8 Oktober 2019.

"Hari Selasa 8 Oktober 2019 di Singapura, saya melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antar Indonesia dan Singapura mengenai Komitmen membangun pertukaran data ekspor impor secara elektronik dengan tautan National Single Window antara Indonesia dan Singapura," ujar Sri Mulyani dalam akun instagram resminya yang dikutip Okezone, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

 Baca Juga: Jokowi dan PM Singapura Perpanjang Kerja Sama Pertukaran Mata Uang

Sri Mulyani menjelaskan, dengan kerjasama tersebut Indonesia dan Singapura akan memfasilitasi dan mengamankan arus perdagangan berdasarkan data dan informasi yang benar dan akurat.

"Selama ini statistik data ekspor dan impor antara Indonesia dan Singapura selalu berbeda, tidak sinkron serta tidak konsisten yang memungkinkan terjadinya kejahatan penghindaran kewajiban kepabeanan dan perpajakan maupun penyelundupan," katanya.

 Pertukaran Data Ekspor Impor

Dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) akan dilakukan kerjasama teknis dan pertukaran data perdagangan yang bebas kertas (paperless) dan tanpa hambatan (seamless), serta untuk meningkatkan kualitas manajemen risiko.

"MoU ditandatangan oleh saya sebagai Menkeu Indonesia dengan Menkeu dan Deputy Prime Minister Singapore Heng Swee Keat," ujarnya.

 Baca Juga: Berikut Rincian Kesepakatan Indonesia & Singapura Perkuat Kerja Sama Ekonomi

MoU ini disaksikan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapore Lee Hsien Loong bersamaan dengan acara bilateral Leaders Retreat di Singapore yang membahas peningkatan kerjasama investasi, pembangunan infrastruktur, pariwisata dan pendidikan dan pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia.

 Pertukaran Data Ekspor Impor

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini