Bisa Tembus Baja, Ini Penampakan Sniper Made in Bandung

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 09 320 2114810 bisa-tembus-baja-ini-penampakan-sniper-made-in-bandung-P3n2wI2O3i.png Pindad Buat Senapan SPR-2. (Foto: Okezone.com/Instagram Kementerian BUMN)

JAKARTA – PT Pindad (Persero) menciptakan senapan runduk atau sniper. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menghadirkan produk teranyarnya.

Baca Juga: Gaya Menteri Rini Jajal Panser Anoa Buatan Pindad

Pindad mengeluarkan produk senapan bernama SPR-2. Hal ini diungkapkan oleh akun resmi Instagram BUMN.

Pindad

"Hai #SobatBUMN, sudah tahu Pindad @pt_pindad punya lini produk senapan runduk (sniper)? Kali ini perkenalkan salah satu jagoannya yakni SPR-2. Senapan ini merupakan jenis senapan anti-material, artinya mampu menembakkan munisi untuk menjebol lapisan baja dan dinding dari jarak jauh," tulis @kementerianbumn di Instagram, Rabu (9/10/2019).

Baca Juga: Wapres JK Cerita Pindad Produksi 20 Panser dalam 1 Bulan

Dari postingan tersebut, terlihat senapan ini memiliki peluru yang cukup tajam sehingga mampu menjebol lapisan baja. Bahkan, cukup dari jarak jauh saja dinding yang dilapisi baja bisa tembus.

Adapun spesifikasi dari senapan ini dibekali dengan amunisi kaliber 12,7 mm, memiliki panjang senapan mencapai 1.755 mm, berat 19,5 kg, serta jarak tembak yang menjangkau 2.000 meter.

Pindad

Selain itu, SPR-2 tampil modern dan ringkas dengan alat optik pembesaran target hingga 10x. Dalam pengujian performa, SPR-2 mampu melesatkan proyektil sejauh 2000 meter dalam waktu kurang dari 3 detik sekaligus menembus lapisan baja setebal 10 mm. Daya rusak ini dapat menjadi momok utk ranpur sekelas Armored Personnel Carrier (APC) dan ranpur lapis baja ringan lainnya.

Ke depannya, PT Pindad terus berharap bisa menciptakan inovasi-inovasi lainnya. Terutama di bidang senjata produksi dalam negeri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini