nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wacana 'Cerai' dari Kemenkeu, Presiden Bisa Akses Langsung ke Ditjen Pajak

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2019 15:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 10 20 2115232 wacana-cerai-dari-kemenkeu-presiden-bisa-akses-langsung-ke-ditjen-pajak-4j3MOyiUnv.jpg Ditjen Pajak (Okezone)

JAKARTA - Saat ini, Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. Namun, wacana perceraian Dirjen Pajak dari Kemenkeu agar bisa berdiri sendiri kembali merebak.

Menanggapi hal ini, Praktisi Bisnis Roy Sembel mengatakan, ada peluang lepasnya Ditjen Pajak dari Kemenkeu. "Karena pajak kontribusinya besar sekali pada negara," ujar Roy, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

 Baca juga: Kapan Ditjen Pajak 'Cerai' dari Kemenkeu?

Menurutnya, pembicaraan tersebut sudah ada dari dulu. Di mana Ditjen Pajak ingin disetarakan dengan kementerian.

Pajak

Namun, menurutnya, organisasi dari Ditjen Pajak harus jelas. Hal ini dibutuhkan supaya pajak ke depannya bisa memiliki akses langsung ke Presiden. "Jadi organisasi dari pajak harusnya bukan di bawah Kementerian Keuangan. Supaya bisa ada akses langsung ke presiden," tuturnya.

 Baca juga: Apa Kabar 'Perceraian' Ditjen Pajak dengan Kemenkeu?

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) mengusulkan agar Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dipisahkan dari Kementerian Keuangan. Ini usulan DPR untuk kesekian kalinya untuk memisahkan DJP dari Kementerian Keuangan.

Anggota DPR dari Fraksi Gerindra Bambang Haryo mengatakan, pemisahan DJP dari Kementerian Keuangan ini bisa menjadi salab satu mendongkrak penerimaan pajak. Karena menurutnya, rasio penerimaan perpajakan (tax ratio) masih sangat rendah bahkan sering kali di bawah dari target.

"Rasio penerimaan pajak cenderung menurun, realisasi penerimaan pajak yang tidak pernah sesuai target sejak 2014," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini