nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sedang Menyiapkan Pernikahan? 3 Hal Ini 'Pantas' untuk Dibeli

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2019 13:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 10 320 2115175

JAKARTA - Menjelang pernikahan pasti akan ada banyak hal yang harus diputuskan. Entah itu besar kecilnya sebuah pesta pernikahan, atau haruskah berlokasi di gedung yang megah.

Sebagian besar keperluan pernikahan memang tidak berharga murah. Namun, beberapa orang yang sudah menikah justru beranggapan bahwa ada 3 hal yang menurut mereka sepadan dengan biaya yang dikeluarkan, yaitu gaun pengantin, kue pengantin, dan fotografi pernikahan.

Baca Juga: Tips agar Terhindar dari Jeratan Utang Pinjaman Online

Melansir dari CNBC, Jakarta, Kamis, (10/10/2019), sebesar 56,6% dari mereka yang disurvei mengatakan membeli gaun pengantin adalah penggunaan budget yang dinilai baik. Diikuti oleh 53,1% yang mengatakan fotografi, dan 52,4% yang mengatakan kue pengantin.

1. Hal yang sepadan dengan biayanya yang dikeluarkan: pakaian, fotografi, dan kue

Sejumlah orang yang menikah dalam 10 tahun terakhir diminta untuk menilai berbagai biaya pernikahan. Di antara orang-orang yang melakukan setiap pembelian pernikahan, inilah bagian yang merasa itu adalah penggunaan terbaik dari uang mereka atau sebanding dengan apa yang mereka bayar.

nikah

Ketika berbicara tentang keperluan pernikahan, sejulah orang-orang yang telah menikah ini menyesal. Sebanyak 48,5% dari mereka yang disurvei mengatakan bahwa perencana pernikahan tidak sepadan dengan biayanya, diikuti oleh 36,7% yang mengatakan videografi dan 36,1% yang mengatakan pernikahan nikmat. Respons populer lainnya termasuk sampanye (35,2%) dan bunga (29,2%).

2. Hal yang tidak sebanding dengan biayanya: perencana pernikahan (wedding planner), videografer, atau tim pendukung

Sejumlah orang yang menikah dalam 10 tahun terakhir diminta untuk menilai berbagai biaya pernikahan. Di antara orang-orang yang melakukan pembelian setiap pernikahan, inilah bagian yang merasa itu tidak sepadan dengan biaya atau buang-buang uang.

nikah

Lebih dari 40% dari mereka yang menghabiskan lebih dari USD30.000 pada hari pernikahannya berharap seharusnya mereka tidak menghabiskan begitu banyak. Sementara itu, lebih dari dua pertiganya berharap mereka berpendapat "setidaknya satu hal" untuk mengurangi biaya pernikahan.

Membelanjakan uang untuk keperluan pernikahan sebenarnya dapat dengan bijak pada biaya pernikahan yang diperhitungkan. Prioritaskan apa yang penting lalu mengurangi sisanya. Tentunya diperlukan kompromi yang dibuat untuk diri sendiri dan dengan pasangan tentunya.

 Baca Juga: Cara Mengelola Gaji Besar untuk Para Fresh Graduate

Lakukan pembagian total anggaran pernikahan menjadi beberapa kategori untuk menentukan bagian mana yang akan digunakan untuk berbagai pengeluaran, termasuk resepsi, upacara atau fotografi. Atur rasio berdasarkan tingkat kepentingan suatu barang. Sebagai pasangan, putuskan apa yang paling penting bagimu untuk hari besarmu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini