nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketika PLN Jadi 'Bulan-bulanan' Menteri Jonan

Delia Citra, Jurnalis · Minggu 13 Oktober 2019 04:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 12 320 2116162 ketika-pln-jadi-bulan-bulanan-menteri-jonan-ke8koMKQpS.jpg Menteri ESDM Ignasius Jonan (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Kinerja PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) saat ini sedang disoroti bahkan disindir langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Jonan menilai PLN kurang kreatif dalam memberikan pelayanan pada pelanggan. Padahal, gaji para direksi PLN lebih besar daripada menteri. Namun, dalam membuat inovasi, PLN masih malas.

Menurut Jonan PLN kurang kreatif lantaran terlalu nyaman sebagai satu-satunya perusahaan listrik yang ada di Indonesia. Kedua, PLN perusahaan monopoli karena statusnya sebagai perusahaan yang monopoli dalam menjual listrik membuat PLN malas untuk berinovasi.

Ketiga, PLN malas promosikan mobil listrik yakni di saat pemerintah mendorong penggunaan kendaraan listrik, justru PLN bermalas-malasan mempromosikannya kepada masyrakat. Jonan juga membandingkan PLN dengan KAI, dimana pegawai KAI selalu diminta untuk berfikir inovatif seolah-olah perusahaan tengah bersaing dengan langit yang ada di atas.

Jonan juga meminta kepada PT PLN (Persero) untuk menjaga reputasi perusahaan di mata pelangan dan belajar dari perusahaan di luar negeri. PLN harus belajar dari beberapa perusahaan-perusahaan di luar negeri yang selalu mengutamakan kepuasan dan pelayanan kepada pelanggan.

Baca Selengkapnya: Sederet Fakta Kritik Keras Menteri Jonan atas Kinerja PLN

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini