nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Luhut hingga Menhub Angkat Kereta LRT Jabodebek ke Atas Rel

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 13 Oktober 2019 14:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 13 320 2116334 menko-luhut-hingga-menhub-angkat-kereta-lrt-jabodebek-ke-atas-rel-8pZj3qnWPd.jpg LRT Kereta Jabodebek Diangkat (Foto: Okezone.com/Giri)

JAKARTA - Kereta Lintas Rel Terpadu alias Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dilakukan prosesi pengangkatan pertama di pitstop Stasiun Harjamukti, Cibubur pada hari ini. Sebanyak satu rangkaian (trainset) yang terdiri dari 6 kereta (car) diangkat ke atas rel menggunakan gantry crane.

Dalam acara tersebut dihadi oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Selain itu dihadiri Deputi Bidang Infrastruktur Kementerian Koordinator Kemaritiman Ridwan Djamaluddin, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri, dan Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro.

 Menko Luhut dan Menhub

Kemudian hadir juga jajaran dari Direksi BUMN. Sebut saja Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro, Direktur Utama PT Inka (Persero) Budi Noviantoro dan Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto.

Dalam sambutannya, Menko Luhut mengatakan, pihaknya sudah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo terkait pengangkatan ini. Presiden Jokowi pun mengaku senang dan menitipkan salam dan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang sudah bekerja keras.

"Selamat kepada Inka. Presiden juga sampaikan salam kepada yang mengerjakan ini, saya juga melihat transportasi teknologi," ujarnya di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Minggu (13/10/2019).

 Kereta LRT Jabodebek

Sebelumnya, pada Selasa 8 Oktober 2019 telah dilakukan pengiriman kereta tersebut dari pabrik PT Inka (Persero) yang terletak di kota Madiun, Jawa Timur menuju Cibubur. Rangkaian dikirimkan melalui jalur darat menggunakan 6 buah multi-axle dan memakan waktu selama empat hari.

 Baca Juga: Penampakan Kereta LRT Jabodebek, Mirip Ksatria Baja Hitam?

Pengiriman dilakukan melalui jalur Tol Trans Jawa dan bekerja sama dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan jarak tempuh sekitar 643 km.

 Kereta LRT Jabodebek

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini