nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eselon Dipangkas Jadi Hanya 2 Level Saja, Efektif?

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 07:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 20 320 2119423 eselon-dipangkas-jadi-hanya-2-level-saja-efektif-iIGE9wwwdV.jpeg Pelantikan Presiden Joko Widodo untuk 2019-2024. (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Kabinet Kerja Jilid I Bambang Brodjonegoro menilai penyederhanaan tingkat eselon pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) sangatlah memungkinkan. Apalagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri yang menginginkan itu.

"Itu mungkin, sangat memungkinkan," kata Bambang saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Menurut Bambang keinginan Jokowi tersebut merupakan hal yang baik. Perampingan tingkat eselon menurutnya bisa menyederhanakan mata rantai pengambilan keputusan yang selama ini cukup panjang.

Pelantikan Jokowi

"Artinya disederhanakan supaya enggak terlalu panjang rantai pengambilan keputusan, (kalau terlalu panjang) berarti semua proses jadi lambat," katanya.

Sebelumnya, Kepala Negara menginginkan, prosedur yang sangat panjang harus disederhanakan, seperti eselonisasi dari yang semula eselon sampai IV. Jadi ke depan jabatan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) hanya mencapai eselon 2, karena pemangkasan jabatan ini dinilai untuk mengefisiensikan pekerjaan.

"Saya minta untuk disederhanakan menjadi dua level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi," ujarnya.

Baca Selengkapnya: Eselon PNS Disederhanakan, Bambang Brodjonegoro: Itu Sangat Memungkinkan

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini