Bersedia Jadi Menteri, Ini Profil Pendiri Gojek Nadiem Makarim

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 21 320 2119636 bersedia-jadi-menteri-ini-profil-pendiri-gojek-nadiem-makarim-d2aY9zk8op.jpg Senyum Nadiem Makarim di Istana (Foto: Okezone.com/Fakhri)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Nadiem Makarim ke Istana Kepresidenan. Nadiem secara terang-terangan bersedia jadi Menteri Kabinet Kerja Jilid II.

Bahkan, Nadiem Makarim memastikan sudah tidak memiliki jabatan di perusahaan transportasi daring GoJek, perusahaan yang dia dirikan.

 Baca Juga: Bertemu Jokowi, Nadiem: Saya Bersedia Jadi Menteri

Mundurnya Nadiem karena dirinya menerima tawaran Presiden Jokowi untuk mengisi salah satu kursi Menteri di Kabinet Kerja Jilid II.

Berikut profil lengkap Nadiem Makarim yang dikutip Okezone dari berbagai sumber, Jakarta, Senin (21/10/2019).

 Baca Juga: Jadi Menteri, Nadiem Makarim Mundur dari Gojek

Pria yang lahir di Singapura pada 4 April 1984 itu diyakini akan menduduki kursi pemerintahan.

Pria lulusan Brown University dan meraih gelar MBA di Harvard University itu ternyata pernah bersekolah di Jakarta dan Singapura saat duduk dibangku sekolah menengah.

 Nadiem Makarim

Nadiem memulai kariernya di McKinsey & Company sebagai konsultan manajemen di Jakarta. Kemudian pada 2010 Nadiem menciptakan perusahaan decacorn yang dikenal dengan nama Gojek. Saat ini, Gojek telah berubah menjadi super app yang menyediakan lebih dari 20 layanan.

Selain itu, pada 2016 Nadiem menerima penghargaan The Straits Times Asian of the Year dan merupakan orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan tersebut sejak ertama kali didirikan pada 2012.

Tak hanya itu, Nadiem juga berhasil masuk ke daftar inovator tahunan Bloomberg 50 pada 2018. Bloomberg menilai bahwa tidak ada platform teknologi lain (aplikasi) yang mengubah kehidupan orang Indonesia secepat dan seintegrasikan Gojek.

 Nadiem Makarim

Track Record Nadiem memang tidak bisa diragukan, pada Mei 2019, Nadiem disebut-sebut menjadi tokoh termuda dari Asia yang menerima Nikkei Asia Prize ke 24 untuk inovasi ekonomi dan bisnis. Nadiem juga menggandakan hadiah tersebut menjadi Rp860 juta dan menyumbangkan jumlah tersebut sebagai beasiswa pendidikan untuk anak-anak pengemudi Gojek.

Pada 2017, Gojek juga berhasil masuk ke 50 Perusahaan Teratas Fortune yang Mengubah Dunia dan mendapat peringkat ke 17 di seluruh dunia.

Pada 2019, Gojek sekali lagi berhasil masuk ke 50 Perusahaan Top Fortune yang Mengubah Dunia, dan merupakan satu-satunya perusahaan Asia Tenggara yang dimasukkan dua kali dalam daftar - tahun ini melonjak ke peringkat 11 dari 52 perusahaan global.

 Nadiem Makarim

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini