nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Posisi Menteri Kosong, Bagaimana Nasib Kementerian?

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 05:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 21 320 2119760 posisi-menteri-kosong-bagaimana-nasib-kementerian-2jYoUWqVWy.jpg Kemenkeu (Okezone)

JAKARTA - Berakhirnya masa jabatan Menteri Kabinet Kerja Jilid I membuat posisi seluruh kementerian pun tengah kosong. Situasi ini akan terus berlansung sampai Jokowi kembali menetapkan menteri yang baru. Saat ini seluruh kementerian akan dipimpin Sekretariat Jenderal (Sekjen)

Hal itu disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti. "Untuk administrasi yang level kementerian, ditangani oleh Sekjen," ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk berkas-berkas administrasi yang yang membutuhkan putusan langsung oleh menteri, lanjut Nurfransa, maka akan ditahan lebih dahulu hingga ditetapkannya menteri baru.

 Baca juga: Nadiem Makarim hingga Erick Thohir Bawa Map Usai Temui Jokowi, Apa Isinya?

Hal senada juga dikatakan oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso bahwa seluruh urusan administrasi di Kemenko Bidang Perekonomian berada di bawahnya. Namun yang membutuhkan keputusan menteri akan lebih baik ditetapkan pada saat adanya Menko Perekonomian yang baru.

Adapun saat ini, Presiden Jokowi tengah memanggil sejumlah tokoh ke Istana Negara berkaitan dengan penyusunan Kabinet Kerja Jilid II. Jokowi akan lanjut memimpin Indonesia di periode kedua bersama Ma'ruf Amin, yang menjabat sebagai Wakil Presiden.

Di antaranya terdapat sejumlah tokoh yang sudah bertemu langsung dengan Jokowi di Istana, di antara CEO Gojek Nadiem Makariem, Pengusaha Erick Tohir, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud M.D, Bupati Kabupaten Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu, juga Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kabinet Kerja Jilid I.

Baca Selengkapnya: Posisi Menteri Kosong, Kementerian Dipimpin Sekjen

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini