PR Terkini Menteri ESDM Arifin Tasrif yang Baru Dilantik Hari Ini

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 23 320 2120792 pr-terkini-menteri-esdm-arifin-tasrif-yang-baru-dilantik-hari-ini-s0GKmmmwr9.jpg Serah Terima Jabatan Menteri ESDM dari Ignasius Jonan ke Arifin Tasrif. (Foto: Okezone.com/Dok. Kementerian ESDM)

JAKARTA - Menteri ESDM Arifin Tasrif memiliki sejumlah pekerjaan rumah. Bersama Kabinet Indonesia Maju, Arifin telah dilantik menjadi menteri yang mengurus permasalahan energi hari ini.

Wakil Ketua Kadin Indonesia bidang Energi Migas Bobby Gafur Umar menuturkan bahwa banyak pekerjaan rumah yang menjadi catatan-catatan dunia usaha.

Baca Juga: Banyak Menteri Ekonomi dari Parpol, Ini Komentar Sri Mulyani

"Untuk Kementerian ESDM, Menteri Arifin Tasrif dianggap sosok yang tepat. Karena rekam jejak yang panjang di industri hilir migas dan mempunyai background keinsinyuran," jelas dia, Rabu (23/10/2019).

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh Menteri ESDM baru ini, agar iklim usaha di Indonesia kian kondusif.

Sertijab Menteri ESDM

"Pertama adalah bagaimana bisa mencari solusi defisit neraca berjalan, yang mana banyak disebabkan oleh besarnya impor minyak," kata dia.

Menurutnya, harus ada policy afirmatif yang bisa menarik investasi di sektor migas.

Baca Juga: Arief Yahya Ingatkan Wishnutama soal Devisa hingga Sabtu-Minggu Tak Pernah di Rumah

"Terutama faktor keekonomian yang belakangan ini dianggap oleh investor tdk ekonomis dan kepastian peraturan yang sering berubah-ubah, baik investasi di sektor hulu migas dan juga hilir migas, seperti pembangunan infratruktur migas," kata dia.

Kelanjutan perencanaan yang sudah baik seperti rencana pembangunan-pembangunan megaproyek di sektor migas dan energi, menurut diaa, harus secara berpihak memakai produk-produk, kontraktor dan SDM dalam negeri.

"Sehingga akan ada efek integral utk pembangunan industri penunjang migas. Kuncinya, ajak dunia usaha bicara dan dengarkan masukan-masukan kami, sebelum mengambil keputusan," ungkap dia.

Walau begitu, dia menyatakan, Kadin Indonesia menyambut baik susunan kabinet yang dilantik hari ini. Khususnya tim kabinet bidang ekonomi, di mana peringkat daya saing Indonesia kian positif dari 45 ke 50.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini