nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Lantik Suryo Utomo Jadi Dirjen Pajak Baru

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 01 November 2019 09:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 01 20 2124434 sri-mulyani-lantik-suryo-utomo-jadi-dirjen-pajak-baru-8dA21IEybX.jpg Pelantikan Dirjen Pajak Baru Suryo Utomo. (Foto: Okezone.com/Yohana)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik Suryo Utomo sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang baru. Suryo menggantikan posisi Robert Pakpahan yang masuk masa pensiun.

Baca Juga: Pagi Ini, Sri Mulyani Lantik Dirjen Pajak Baru

Selain Suryo, Sri Mulyani juga melantikan 16 pejabat Eselon II di lingkungan Kemenkeu, terdiri dari 10 pejabat di Ditjen Bea dan Cukai, 4 orang di lingkungan Lembaga Nasional Single Window (LNSW), dan 2 orang Direksi Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

"Saya Menteri Keuangan resmi melantik saudara-saudara dalam jabatan baru di linkungan Kemenkeu. Saya percaya bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Semoga Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa bersama kita," ujar Sri Mulyani, saat pelantikan, di Ruang Mezzanine, Gedung Djuanda Kementerian Keuangan, Jumat (1/11/2019).

Pelantikan Dirjen Pajak Baru Suryo Utomo

Usai melantik, Sri Mulyani juga memimpin pengambilan sumpah jabatan dari para 17 pejabat Kemenkeu baru tersebut. Pengambilan sumpah jabatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan dokumen pelantikan.

Baca Juga: Ada Ratas, Pelantikan Dirjen Pajak Ditunda Jadi Besok

Pelantikan Suryo tersebut untuk menggantikan posisi Robert Pakpahan yang sudah memasuki masa pensiun. Robert yang kini genap berusia 60 tahun pernah dilantik menjadi Dirjen Pajak pada 30 November 2017 lalu.

Mengutip data Kementerian Keuangan, Suryo sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak. Pria kelahiran 26 Maret 1969 tersebut menempuh pendidikan Sarjana Ekonomi di Universitas Diponegoro dan meraih gelar pada 1992.

Lalu melanjutkan pendidikan Master of Business Taxation di University of Southern California, Amerika Serikat dan mendapatkan gelarnya pada tahun 1998. Kemudian dia mengawali karir Pegawai Negeri Sipil sebagai pelaksana di Kementerian Keuangan pada tahun 1993 di Sekretariat Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Pajak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini