nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri KKP Pede Target 8,02 Juta Ton Ikan Tangkap Tercapai

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 06 November 2019 20:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 06 320 2126635 menteri-kkp-pede-target-8-02-juta-ton-ikan-tangkap-tercapai-DqNa0oaCtl.jpg Rapat Kerja Komisi IV dengan Menteri KKP Edhy Prabowo. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan produksi perikanan tangkap mencapai 8,02 juta ton di 2020. Target ini pun mendapatkan kritik dari Komisi IV DPR RI.

Dalam rapat kerja perdana dengan KKP, Ketua Komisi IV Sudin meragukan besaran target tersebut akan tercapai. Bahkan dirinya mempertanyakan dari mana perhitungan target itu dirumuskan.

Baca Juga: Ada 151 Jabatan Kosong, Menteri KKP: Akan Segera Diisi

Menurut Sudin, 8,02 juta ton sangat sulit dicapai mengingat ada banyak aturan yang diterbitkan KKP menghambat kinerja nelayan di Indonesia.

"Itu angka berdasarkan apa? Karena kita tahu bagaimana potensi tangkap nelayan mau meningkat kalau perizinan dihambat oleh KKP," katanya di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Nelayan Makassar Keluhkan Sulitnya Tangkap Ikan Air Tawar

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan, target tersebut sangat realisitis untuk dicapai. Dengan catatan, perizinan untuk kapal tangkap bisa dipermudah.

Oleh sebab itu, dirinya sedang mengkaji kembali beberapa yang diterbitkan KKP dan akan merevisinya untuk mendorong kinerja perikanan dalam negeri. Salah satunya terkait kemudahan perizinan kapal tangkap.

Baca Juga: Rapat Perdana dengan DPR, Ini yang Dibahas Menteri KKP

"Kalau izin ini sudah dipermudah, tentu dengan tidak merusak keberlanjutan ikan di laut, maka target sebesar 8,02 juta ini bukan angka yang tinggi," katanya.

Edhy pun meminta waktu untuk bisa mengkaji dan merevisi pada berbagai aturan yang diterbitkan KKP. Sehingga diharapkan, pada awal tahun sektor perikanan sudah bisa menikmati aturan baru dan semakin terdorong kinerjanya.

"Kami memahami ada masalah dibidang itu, mohon izin kasih waktu untuk selesaikan ini, urusan izin-izin kapal akan kami permudah," ungkapnya.

Sekedar diketahui, pada tahun 2020 KKP menargetkan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) perikanan akan sebesar 7,9%. Dengan target produksi perikanan mencapai 26,4 juta ton, terdiri dari perikanan tangkap 8,02 juta ton dan perikanan budidaya 18,44 juta ton.

Secara rinci, target perikanan budidaya terdiri dari ikan sebanyak 7,45 juta ton dan rumput laut sebanyak 10,99 juta ton. Adapun untuk produksi garam ditargetkan mencapai 3 juta ton di 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini