nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Travis Kalanick Jual Saham Uber Senilai Setengah Miliar Dolar AS

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 15:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 12 278 2128862 travis-kalanick-jual-setengah-miliar-dolar-sahamnya-di-uber-2GxPVuQxXd.jpg Former Uber Technologies CEO and co-Founder Travis Kalanick. (Foto: Okezone.com/CNBC)

JAKARTA – Miliarder sekaligus cofounder Uber, Travis Kalanick menjual sahamnya senilai lebih dari setengah miliar dolar AS pada pekan lalu. Transaksi tersebut dilakukan setelah masa tenggang atas saham tersebut berakhir.

Hal ini membuat saham turun hari itu dan mengantisipasi gelombang penjualan. Kalanick, mantan CEO Uber, menjual lebih dari 20 juta saham lebih dari tiga hari pada pekan lalu.

Baca Juga: Akui Salah Langkah, Bos SoftBank Ungkap Rugi USD6,5 Miliar dari Uber dan WeWork

Dilansir dari CNBC, Selasa (12/11/2019), saham Uber anjlok hingga USD27 per saham pada harga penutupan Jumat, dari harga pembukaan USD42 pada debutnya di Mei. Nilai valuasi pasar perusahaan sekarang senilai USD45 miliar atau turun dari USD70 miliar atau setara Rp984,17 triliun (kurs Rp14.059) pada akhir hari perdagangan pertamanya.

IHSG

Kalanick masih memiliki lebih dari 75 juta saham di Uber. Terlepas dari hubungannya yang lemah dengan perusahaan, yang disusul oleh tuduhan pelecehan seksual dan diskriminasi, Kalanick masih bertahan dan hadir di New York Stock Exchange selama IPO perusahaan pada bulan Mei.

Baca Juga: Pemain Film Iron Man 2 Ini Tanam Investasi Rp21 Triliun di Uber

Walaupun tidak jelas alasan Kalanick memilih untuk menjual sahamnya, ia dapat menggunakan uang itu untuk mendanai usaha barunya, CloudKitchens. Menurut situs webnya, perusahaan baru tersebut berencana menyewa ruang untuk pemilik restoran untuk bisnis berbasis pengiriman. Proyek ini kembali menimbulkan kontroversi pada Kalanick.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini