nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Hamil, Patuhi Aturan Ini Sebelum Naik Kereta Api

Fakhri Rezy, Jurnalis · Minggu 17 November 2019 16:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 17 320 2130936 ibu-hamil-patuhi-aturan-ini-sebelum-naik-kereta-api-gnF93eRugI.jpg Kereta (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberi peringatan untuk masyarakat pengguna kereta api. Hal ini, ditujukan oleh para penumpang dengan tingkat risiko yang tinggi.

Mengutip Akun twitter @Kemenhub151, Jakarta, Minggu (17/11/2019), Dalam menjamin kenyamanan penumpang kereta api, khususnya bagi wanita hamil, orang sakit dan lansia, pemerintah telah menetapkan PM 47 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Minimum untuk Angkutan Orang dengan Kereta Api.

 Baca juga: Fakta Perubahan Rute Kereta, Dimulai 1 Desember!

Khusus bagi wanita hamil, ketentuan batas usia kehamilan yang diperbolehkan untuk naik kereta api juga patut menjadi perhatian ya. Adapun ketentuannya sebagai berikut:

 KAI

1. Diperbolehkan menaiki kereta api untuk usia kehamilan 14-28 minggu,

2. Apabila di luar usia kehamilan 14-28 minggu wajib membawa surat keterangan dokter, dan

3. Wajib didampingi oleh minimal 1 orang pendamping dewasa.

 Baca juga: KAI Perkirakan Lonjakan Penumpang saat Libur Natal Sebesar 4%

Selain itu, penyelenggara kereta api wajib menyediakan berbagai kemudahan dan fasilitas khusus. Adapun contohnya seperti menyediakan fasilitas prioritas yang ditempatkan pada ujung kereta dan terdapat informasi untuk mempermudah penumpang dan harus terdapat di KA Perkotaan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini