nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Domain Web Termahal di Dunia, Harganya Capai Rp1,2 Triliun

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 15:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 20 320 2132266 10-domain-web-termahal-di-dunia-harganya-capai-rp1-2-triliun-1cFvyQ9AWd.png Ilustrasi Domain. (Foto: Okezone.com/Financesonline)

JAKARTA - Apa nama domain termahal di dunia? Harganya pun sangat mahal sebesar USD90 juta atau setara Rp1,2 triliun (kurs Rp14.094 per USD) untuk membeli domain LasVegas.com.

Url itu dijual pada 2005 dan akan aktif selama lebih dari 35 tahun. Selain url tersebut, nama domain ada juga domain mahal seperti bisnis asuransi, liburan, dan jet sewaan.

Baca Juga: Ekonomi Digital Ditargetkan Jadi Ujung Tombak Pemasaran Produk Dalam Negeri

Berikut ini daftar nama domain termahal di dunia, dilansir dari financesonline, Rabu (20/11/2019):

12. Fb.com - USD8,5 juta setara Rp119,8 miliar (2010)

Fb.com didaftarkan oleh perusahaan nirlaba bernama American Farm Bureau Federation. Mereka mendapatkan rezeki nomplok ketika Facebook memutuskan untuk membeli nama domain ini sebesar USD8,5 juta pada tahun 2010.

Domain

Hari ini, fb.com mengacu ke facebook.com. Facebook memutuskan untuk membeli domain ini untuk memenuhi tuntutan ekspansi merek yang berkelanjutan. Domain ini digunakan untuk staf internal perusahaan mereka.

11. Porn.com - USD9,5 juta setara Rp133,9 miliar (2007)

Porno tidak diragukan lagi merupakan salah satu daya tarik utama internet. Ini adalah industri yang menghasilkan lebih dari miliaran dolar karena banyak orang yang mencarinya.

Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa MXN Limited memutuskan untuk mengeluarkan uangnya sebanyak USD9,5 juta pada 2007 untuk membeli porn.com. Pada saat itu, harga segitu merupakan angka yang fantastis.

Baca Juga: Masukan Para CEO untuk Menristek demi Kemajuan Inovasi Produk Industri

Porn.com adalah situs web untuk video dan konten dewasa. Moniker.com menjadi perantara penjualan nama domain ini untuk MXN Limitkarena domain ini berada di puncak pencarian industri dewasa dan menerima banyak pengunjung setiap hari.

10. Fund.com - USD9,9 juta setara Rp139,5 miliar (2008)

Saat ini, nama domain ini tersedia untuk dijual. Pada 2008, itu dibeli oleh perusahaan penerbitan informasi jasa keuangan bernama Fund.com, Inc. Clek Media yang menjadi perantara semua transaksi tunai ini. Situs ini memberikan info tentang investasi, reksa dana, saham, dan banyak lagi. Namun, perusahaan mengalami kerugian besar pada 2011 karena masalah hukum seperti skema Ponzi, masalah seputar kepemilikan, dan lain-lain. Akibatnya, saat ini isi situs tersebut kosong dan siap untuk dijual.

9. Hotels.com - USD11 juta setara Rp155 miliar (2001)

USD11 juta dianggap jumlah yang sangat banyak untuk membeli sebuah nama domain pada tahun 2001. Tampaknya, David Roche yang merupakan presiden Hotels.com di seluruh dunia telah membuat keputusan yang cerdas.

Saat ini, domain ini adalah situs pemesanan online utama di mana pelancong global dapat memesan penginapan dan akomodasi mereka. David Roche menyatakan, membeli domain yang tepat dapat menghasilkan kesuksesan besar.

Domain dapat dengan mudah menjadi merek yang dikenal. Roche tahu apa yang dia bicarakan karena kemudian domain hotels.com dijual dengan harga USD1,1 miliar. Jadi, dia sebenarnya mendapatkan keuntungan yang banyak dari menjual domain ini.

8. Sex.com - USD13 juta setara Rp183,3 miliar (2010)

Bagi banyak orang, seks adalah salah satu daya tarik utama di internet. Jadi, tidak mengherankan bahwa sex.com menghasilkan USD13 juta pada tahun 2010. Nama domain ini telah ada sejak tahun 1990-an.

Sex.com adalah situs untuk konten dewasa. Domain ini dibeli seharga USD13 juta oleh Gary Kremen, pengusaha terkenal yang juga pemilik situs web populer Match.com. Namun, seorang penyelundup bernama Stephen Cohen salah mengartikan Kremen, mengambil alih situs, dan menghasilkan banyak uang melalui iklan online. Kremen menggugat Cohen, memenangkan pengadilan, dan memperoleh uang sebanyak USD65 juta untuk masalah ini.

Domain

7. Insure.com - USD16 juta setara Rp225,6 miliar (2009)

Situs web yang berurusan dengan asuransi komprehensif akan memerintahkan harga premium. Mantan pemilik Insure.com telah mengubah namanya menjadi Life Quotes setelah dibeli oleh perusahaan pemasaran online yang berbasis di California, Quin Street.

Insure.com menyediakan berita, kutipan, dan artikel tentang asuransi. Kamu bisa mendapatkan info dan membandingkan harga penyedia asuransi yang berbeda.

Penjualan domain dipengaruhi oleh perlambatan ekonomi pada tahun 2008. Ketika Insure.com menghasilkan USD16 juta pada tahun 2009, ini menyatakan bahwa domain akan kembali menjadi investasi yang menguntungkan. Bahkan, Insure.com mendapatkan uang 10 kali lebih banyak dari jumlah yang dijualnya pada tahun 2001.

6. Internet.com - USD18 juta setara Rp253,8 miliar (2009)

Internet.com adalah akuisisi dari Quin Street. Dia membeli nama domain dari WebMediaBrands sebesar USD18 juta dengan tunai. Hari ini, Internet.com adalah situs bebas iklan yang memberikan info komprehensif tentang berita, tren, dan produk internet.

WebMediaBrands menjual nama domain ini ke Quin Street karena langkah tersebut menguntungkan pemegang saham dan meningkatkan neraca perusahaan. Plus, uang tunai memungkinkan perusahaan untuk fokus pada bidang intinya. Di Internet.com hari ini, Kamu dapat menjadi konsumen dan mendapatkan arahan ulang ke situs web tempat Kamu dapat membeli nama domain Kamu sendiri.

5. Privatejet.com - USD30,1 juta setara Rp424,4 miliar (2012)

Privatejet.com dibeli oleh Nations Luxury Transport, LLC yang berbasis di Atlanta dari Don’t Look Media Group. Mereka bersedia membayar dengan harga USD30,1 juta karena tujuan mereka adalah untuk menarik klien-klien dengan kekayaan bersih yang tinggi.

Privatejet.com dipasarkan sebagai situs online utama untuk perjalanan jet charter dan halaman pendaratannya saat ini menjual penerbangan mulai dari USD1980 per jam. Pelanggan yang mencari penerbangan charter bisnis global dapat mengunjungi situs ini untuk penawaran dan harga menarik.

4. Vacationrentals.com - USD35 juta setara Rp495,3 miliar (2007)

Vacation Rentals adalah situs yang aktif sampai perusahaan yang berbasis di Texas HomeAway membelinya dengan harga USD35 juta, hanya untuk menjauhkannya dari pesaing terbesarnya, Expedia. Saat ini, domain ini adalah pasar untuk penawaran liburan di AS dan di seluruh dunia. Jika kamu seorang penggemar perjalanan dan senang berlibur, kunjungi Vacationrentals.com untuk "membangun liburan terbaikmu".

3. Insurance.com - USD35,6 juta setara Rp501,9 miliar (2010)

Nama domain bernilai tinggi ini dibeli oleh Quin Street, perusahaan pemasaran online yang juga membeli insure.com dan internet.com. Insurance.com adalah portal perbandingan-belanja asuransi mobil yang populer dan juga menawarkan info tentang asuransi sepeda motor, kesehatan, rumah, dan jiwa, kutipan gabungan dari perusahaan asuransi terkemuka.

Quin Street tentu memiliki tujuan jangka panjang ketika mereka membeli domain ini seharga USD35,6 juta. Di Insurance.com, kamu dapat membandingkan tarif asuransi, melihat opsi secara instan, menghemat uang pada pertanggungan, dan melihat info pribadi. Nama domain bernilai USD35,6 juta karena asuransi adalah kata kunci yang populer di mesin pencari dan situs ini juga meng-host konten informatif dan bermanfaat yang pasti akan menarik banyak pengunjung.

2. CarInsurance.com - USD49,7 juta setara Rp700,8 miliar (2010)

QuinStreet membayar USD49,7 juta untuk membeli nama domain CarInsurance.com, situs konsumen untuk info dan berbelanja di asuransi mobil. Asuransi adalah hal penting untuk Quin Street dan itulah sebabnya ia bersedia membayar jumlah tinggi untuk nama domain CarInsurance.com. Perusahaan ini telah membangun properti online yang telah dibeli untuk memberikan info dan pengalaman konsumen tingkat tinggi.

Di CarInsurance.com, kamu dapat menemukan dan membandingkan berbagai polis asuransi dan membeli yang kamu inginkan langsung melalui situs ini. Cukup ketik kode posmu dan portal menyediakan daftar penyedia asuransi populer seperti Geico, CIG, dan AARP. Situs web ini adalah sumber informasi yang informatif untuk penelitian tentang pilihan asuransi mobil dan dilengkapi dengan daftar istilah, kalkulator cakupan, artikel mendalam dan banyak lagi.

1. LasVegas.com - USD90 juta setara Rp1,2 triliun (2005-2040)

Ahli investasi domain, George Kirikos menemukan bahwa nama domain LasVegas.com dijual pada tahun 2005 dalam suatu transaksi yang bernilai sekitar USD90 juta selama 35 tahun. Ini berarti LasVegas.com berada di puncak daftar nama domain termahal sejauh ini dalam sejarah internet. VEGAS.com membeli domain ini dan setuju untuk membayar dimuka seharga USD12 juta dan sisanya dengan cicilan sampai tahun 2040.

Menariknya, LasVegas.com adalah situs yang sama sekali berbeda dari Vegas.com. Ini adalah salah satu hasil teratas untuk istilah pencarian "Las Vegas" di Google. Situs ini berfungsi penuh dan menawarkan pemesanan, tur, dan akomodasi di kota wisata.

1
4
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini