nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Car Terminal Pelabuhan Patimban Beroperasi Juni 2020

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 19:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 20 320 2132383 car-terminal-pelabuhan-patimban-beroperasi-juni-2020-L5baegKeNs.jpg Pelabuhan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan informasi terbaru soal proyek Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Direncanakan Patimban akan mulai dioperasikan pada tahun depan.

Progres Pelabuhan Patimban saat ini sudah berjalan lebih dari 50%. Direncanakan mulai bisa beroperasi pada Juni 2020.

Baca Juga: Kuala Tanjung Disulap Jadi Pelabuhan Hub International dan Terintegrasi Kawasan Industri

"Pembangunan Pelabuhan Patimban sudah berjalan kurang lebih 60%. Kami akan melakukan soft opening dengan mulai mengoperasikan Car Terminal pada Juni 2020," kata Menteri Budi pada Rabu (20/11/2019).

Budi Karya

Meski beroperasi pada tahun depan, pembangunan pelabuhan ini akan selesai pada tahun 2028. Di mana kapasitas pelabuhan ini pad tahap pertama akan memuat kurang lebih 2 juta peti kemas (TEUS).

Baca Juga: 2020, Pelabuhan Kargo dan Wisata di Labuan Bajo akan Terpisah

"Pelabuhan Patimban akan dibangun dengan kapasitas 7 juta TEUS. Kapasitas ini kurang lebih sama seperti di Pelabuhan Tanjung Priuk," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melakukan pertemuan dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii. Dalam pertemuan itu, Menteri Luhut mengatakan bahwa kemungkinan Jepang akan berinvestasi untuk Pelabuhan Patimban.

Rencananya, investasi Jepang ke Indonesia untuk pelabuhan ini dikatakan dalam jumlah sangat besar.

"Potensi investasi Jepang sangat besar. Bisa di atas USD163 miliar," ujar Luhut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini