13 Maskapai Terbaik di Berbagai Kategori, Siapa Juaranya?

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Kamis 28 November 2019 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 28 320 2135520 13-maskapai-terbaik-di-berbagai-kategori-siapa-juaranya-9xBE5GiIfK.jpg Ilustrasi Pesawat. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Daftar 20 maskapai terbaik di dunia untuk 2020 telah dirilis. Maskapai asal Selandia Baru, Air New Zealand keluar sebagai juaranya.

Rilis ini dikeluarkan Airline Ratings yang menjadi penilai. Sistem penilaian maskapai terbaik berdasarkan berbagai kriteria.

“Dalam analisis kami, Air New Zealand memang menjadi yang nomor satu di sebagian besar kriteria audit kami. Penilaian kami mencakup kinerja yang luar biasa ketika berhadapan dengan operator dengan lebih banyak sumber daya dan skala pada daftar maskapai penerbangan terbaik ini untuk tahun 2020,” jelas Pemimpin Redaksi Airline Ratings Geoffrey Thomas, dilansir dari Forbes, Kamis (28/11/2019).

Baca Juga: First Class dan Business Jadi Andalan Maskapai, Buntung atau Untung?

Selain peringkat keseluruhan, Airline Ratings juga memilih masing-masing pemenang dalam 13 kategori tertentu. Berikut beberapa hasil-hasilnya:

1. Best First Class

Maskapai Singapore Airlines menjadi juara dalam nominasi ini. Mereka berhasil menyabet kategori ini karena baru saja meluncurkan first class baru mereka.

Singapore Airlines

2. Best Business Class

Meskipun tergelincir ke peringkat sembilan di peringkat keseluruhan, Qatar Airways kembali mempertahankan gelar kelas bisnis terbaiknya tahun ini.

"Qsuite milik maskapai ini adalah kelas bisnis dengan nuansa first class," kata Thomas.

Baca Juga: Menhub Ajak Bos Maskapai Penerbangan Bangun 'Bali Baru'

“Penilai kami menilai itu sebagai salah satu produk kelas bisnis keseluruhan terbaik yang pernah mereka lihat. Qsuite menetapkan standar yang maskapai lain hanya bisa bermimpi,” tambahnya

3. Best Premium Economy

Air New Zealand memenangkan kategori ini. Semua itu berkat kursi nyaman mereka dan punya fasilitas kelas atas.

4. Best Economy

Virgin Australia berhasil menyabet kategori ini karena memiliki kabin yang luas di dalam pesawat Boeing 777 mereka.

Boeing

5. Best Cabin Crew

Virgin Australia juga menjadi juara selama dua tahun berturut-turut untuk nominasi ini.

“Awak kabinnya merupakan yang terbaik di dunia, di saat Kamu sering menemukan maskapai lain yang suka over bobotnya," ujarnya.

6. Best Catering

Qatar Airways yang menjadi juaranya. Semua ini berkat pelayanan soal makanan yang mereka sediakan.

7. Best Lounges

Qantas Airways tetap menjadi juara dalam kategori ini. "Para penilai sepakat bahwa ruang tunggu maskapai ini luar biasa," ucap Thomas.

Qantas Airways

8. Best In-Flight Entertainment

Emirates diberikan penghargaan ini, sama seperti tahun sebelumnya. "Emirates menjadi pionir untuk IFE. Mereka juga menjadi yang pertama dalam memasang tv di belakang kursi untuk kelas ekonomi," tuturnya.

9. Domestic Airline of the Year

Qantas meraih penghargaan untuk kategori ini. Mereka menyabet layanan penerbangan domestik terbaik dengan memanggil produk lintas benua premiumnya di atas Airbus A330.

10. Most Improved Airline

Maskapai asal Filipina Cebu Pacific mendapatkan penghargaan untuk urusan yang satu ini. "Mereka mengambil sebuah langkah untuk memperluas jejak globalnya dengan menggunakan pesawat generasi baru yang hemat bahan bakar," jelasnya.

11. Best Ultra-Low-Cost Carrier

Maskapai asal Vietnam VietJet mendapat penghargaan ini. "Mereka memiliki rencana bisnis pintar yang membuat perjalanan jadi terjangkau bagi jutaan orang," kata Thomas.

VietJet

12. Best Long-Haul Airline

Airline Ratings memecah kategori ini sesuai daerahnya masing-masing: Emirates (Timur Tengah/Afrika), Cathay Pacific (Asia), Lufthansa (Eropa), dan Delta (Amerika).

13. Best Low-Cost Airline

Sama seperti sebelumnya, pemenangnya juga dipecah ke daerahnya masing-masing: JetBlue (Amerika), Wizz (Eropa), Air Asia/Air Asia X (Asia/Pacific), dan Air Arabia (Timur Tengah/Africa).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini