nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Orang Kaya Paling Dermawan di Asia, Sumbang Miliaran Dolar AS

Hairunnisa, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 13:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 03 320 2137359 orang-kaya-paling-dermawan-di-asia-sumbang-miliaran-dolar-as-GUl9JQ6FkW.jpg Orang Kaya India Azim Premji (Foto: Forbes)

JAKARTA - Azim seorang pengusaha yang berhasil membangun bisnis teknologi informasi (IT) yang bernama Wipro Technologies dan menjadi salah satu perusahaan teknologi papan atas di India.

Meskipun terkenal dengan kekayaannya, pria yang lahir 74 tahun silam di pilih oleh Forbes sebagai salah satu orang paling dermawan di Asia.

Pada bulan Oktober lalu Premji rela kehilangan peringkat nomor 2 sebagai orang terkaya di India menjadi nomor 17, dikarenakan menyumbang USD21 miliar sahamnya untuk amal di dunia pendidikan.

Baca juga: Achmad Hamami Wariskan Kerajaan Bisnisnya ke Putra-Putrinya

Pada bulan Maret lalu, Premji mengukuhkan posisinya sebagai orang terdermawan Asia dengan memberikan sebagian sahamnya, senilai USD7,6 miliar atau sekitar Rp102 triliun ( kurs Rp14.038), di perusahaan teknologi Wipro ke Azim Premji Foundation yang berfokus pada pendidikan.

Yayasan ini akan menggunakan dana tersebut untuk meningkatkan kegiatannya, termasuk memperluas Universitas Azim Premji di Bangalore.

azim

Miliarder yang berusia 74 tahun ini pensiun pada Juli sebagai ketua eksekutif Wipro setelah lebih dari lima dekade memimpin dan mengatakan ia akan lebih fokus pada bidang kemanusiaan.

Sebelumnya di tahun 2000, ia mendirikan yayasan yang sekarang telah bekerja dengan lebih dari 200.000 sekolah di seluruh India untuk melatih para guru dan menyediakan kurikulum yang lebih baik. Sifat kedermawanannya ini terinspirasi oleh Mahatma Gandhi dan ibunya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini