nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Garuda Klaim Onderdil Harley Davidson di Pesawatnya Bukan Selundupan

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 16:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 03 320 2137475 garuda-klaim-onderdil-harley-davidson-di-pesawatnya-bukan-selundupan-K7vkbrq2G7.jpg VP Corsec Garuda Indonesia Ikhsan Rosan. (Foto: Okezone.com/Giri)

JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk buka-bukaan terkait selundupan barang berisikan part motor Harley Davidson dan dua sepeda motor Brompton di pesawat Garuda Indonesia, Airbus A330 900.

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengatakan, alasan mengapa komponen motor Harley dan dua buah motor Brompton disita karena belum membayar pajak. Kasus tersebut masih didalami pihak Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan.

Baca Juga: Menhub Telusuri Dugaan Garuda Indonesia Angkut Harley Davidson Ilegal

"Seperti kita ketahui ada barang harus membayar biaya pajak, tapi ada juga yang tidak boleh masuk seperti barang bekas dalam kaitan itu petugas yang membawanya tapi kenapa belum bayar pajak karena masih diperiksa oleh Direktroat Jendral Bea Cukai," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Garuda Indonesia

Menurut Ikhsan, pihak Garuda Indonesia sudah melakukan safe declare dengan Bea Cukai. Dan pihaknya memastikan juga jika pesawat yang digunakan bukan pesawat penumpang melainkan memang pesawat yang khusus mengangkut barang.

Baca Juga: Penyelundupan Onderdil Harley Davidson di Garuda, Sri Mulyani Perkuat Intelijen

"Yang onboard itu kemarin sudah melakukan safe declare dan bea cukai sudah memeriksa. Nah dari situ memang ada ditemukan spare part motor besar itu," jelasnya.

Dia pun belum bisa memberikan sanksi kepada petugas yang membawa barang selundupan tersebut. Apalagi jika nantinya ditemukan adanya penyelewengan terhadap prosedur yang sesuai dengan Standar Operasional (SOP) dari perseroan.

"Kamu melihatnya ada hal-hal yang kita perbaiki ke depan agar lebih baik berkaitan prosedur," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini