nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesenjangan Pendidikan Jadi Tantangan Utama Majukan SDM Indonesia

Vania Halim, Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 11:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 06 320 2138647 kesenjangan-pendidikan-jadi-tantangan-utama-majukan-sdm-indonesia-mdnyuVwYLx.jpg SDM Indonesia (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Indonesia menyampaikan bahwa pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu kunci pendorong pertumbuhan ekonomi. Ini sejalan dengan transformasi ekonomi di dalam negeri dan arahan Presiden RI untuk pengembangan SDM.

Untuk itu, sektor pendidikan perlu mendapat perhatian khusus dari G20. Hal ini sejalan dengan Presidensi Arab Saudi yang menempatkan isu pendidikan sebagai salah satu prioritas utama G20 di bawah keketuaannya dalam pertemuan Sherpa G20 yang pertama di bawah Presidensi Arab Saudi di Riyadh, 4-5 Desember 2019

"Salah satu tantangan utama dan memajukan SDM adalah memastikan tidak adanya kesenjangan pendidikan di tengah masyarakat, terutama antara kota dan desa, dan kawasan timur dan barat. Karena itu, kita perlu memanfaatkan teknologi untuk mengatasi kesenjang akses terhadap ilmu pengetahuan ini," ujar Sherpa G20 Indonesia yang juga Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerja Sama Ekonomi Internasional Rizal Lukman seperti dilansir situs resmi Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Baca Juga: Jokowi Rombak Besar-besaran SDM Demi Masa Depan RI

Isu pendidikan merupakan isu sentral bagi transformasi ekonomi Indonesia mengingat pengembangan SDM tidak dapat dilepaskan dari peran pendidikan.

Di era digitalisasi ini, Pemerintah harus mampu memanfaatkan kehadiran teknologi untuk menjadi sistem baru metode pembelajaran dan instrumen untuk mengatasi kesenjangan akses terhadap pendidikan. Meningkatkan kapasitas SDM melalui pendidikan juga memerlukan kolaborasi antara industri, lembaga pendidikan, dan pemerintah.

Selain itu, pada pertemuan kali ini Indonesia juga mendorong G20 untuk tingkatkan kerjasama yang lebih konkret di sektor ekonomi digital.

Baca Juga: 5 Fokus Jokowi Pacu Ekonomi RI, Paling Utama Pengembangan SDM

Secara spesifik, Rizal meminta agar G20 dapat mendukung inisiatif IDEA Hub (Inclusive Digital Economy Accelerator) yang merupakan gagasan Indonesia di bawah Pokja Ekonomi Digital G20.

IDEA Hub sendiri merupakan platform digital yang memungkinkan negara dan pelaku ekonomi digital di G20 saling berbagi pengalaman dalam memanfaatkan teknologi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan mengatasi kesenjangan pendapatan.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini