Direksi Garuda Rawan Dijerat Pidana, Erick Thohir: Itu Ada Prosesnya

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 09 320 2139788 direksi-garuda-rawan-dijerat-pidana-erick-thohir-itu-ada-prosesnya-novvCxdlPt.jpg Erick Thohir (Foto: Instagram)

JAKARTA - Dugaan kasus penyelundupan onderdil motor Harley Davidson dan sepeda Brompton berujung pencopotan direksi. Diawali dengan Direksi Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) Ari Akshara dan merembet ke beberapa direktur lainnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan, apa yang dilakukannya adalah proses dalam korporasi. Namun, mengenai tindak pidana dirinya tidak bisa berkomentar.

 Baca juga: Awak Kabin Garuda Minta Erick Thohir Pecat Semua Orang Ari Askhara

"Tentu wilayah domain daripada pidana kan bukan di saya. Itu kan ada proses nanti dari laporan Bea Cukai ke Kepolisian, nanti prosesnya seperti itu. Jadi saya tidak bisa komen yang bagaimana apakah ini akan jadi tersangka," ujarnya, Jakarta, Senin (9/12/2019).

 Erick Thohir

Mengenai Direktur lainnya yang dicopot, Erick mengatakan akan diganti juga sekaligus. Tapi juga harus melakukan langkah-langkah penggantiannya.

 Baca juga: Pramugari Cantik Ini Curhat Mantan Bos Garuda Sewenang-wenang

"Tetapi step yang kita lakukan kemarin, rapat komisaris, tidak hanya memberhentikan dirut, tetapi juga beberapa direksi yang memang hasil daripada review atau investigasi komisaris," ujarnya.

Dirinya pun mengatakan, layaknya sebuah hukum yang berlaku jika kejadian bukan individu melainkan saling mendukung maka akan terkena juga pemberhentian direksi. Mungkin saja, lanjut Erick, bisa ke ranah hukum.

 Baca juga: Datangi Erick Thohir, Awak Kabin Garuda Curhat Perlakuan Ari Askhara

"Tidak juga. Kalau itu kan ada yang bawa sepeda juga. Terus ada proses sistematik di mana, pasti ini kejadian bukan individu saling mendukung, Ya kalau, mohon maaf, kalau dari aturan-aturan hukum itu, kalau berkolaborasi untuk berbuat kejahatan ya terkena juga," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini